Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRIN: Indonesia Terlindungi dari Gelombang Panas karena Awan

Kompas.com - 15/05/2024, 11:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Profesor Riset bidang Meteorologi, Pusat Riset Iklim, dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eddy Hermawan mengatakan, Indonesia terlindung dari gelombang panas karena ada awan yang menutupi.

Eddy menuturkan, gelombang panas adalah suatu kondisi di mana keadaan suhu rata-rata melebihi batas ambang normal selama lebih dari 30 hingga 40 tahun.

Dia menambahkan, apabila suhu di kawasan tertentu berkisar 27 hingga 28 derajat celsius, tetapi pada saat itu melonjak dengan deviasi diatas lima menjadi 33 hingga 34 derajat celsius selama empat hingga lima hari, dapat didefinisikan kawasan tersebut mengalami gelombang panas.

Baca juga: Ratusan Ribu Ikan di Vietnam Mati saat Gelombang Panas

Dia menambahkan, yang perlu menjadi perhatian adalah durasi dan amplitudo suhu tinggi.

"Jika hanya sesaat saja, misalnya hanya satu hari dan nilainya pun tidak melebihi deviasi cukup besar, tentu belum didefinisikan sebagai gelombang panas," ujar Eddy dikutip dari situs web BRIN, Selasa (14/5/2024).

Eddy menuturkan, wilayah Indonesia hampir setiap hari diselimuti awan. Hal itu tak lepas dari geografis Indonesia yang dua pertiganya berupa lautan dan sepertiganya adalah daratan.

"Dengan lima pulau besar dan 17.548 pulau, di mana masing-masing pulau menghasilkan konveksi lokal dan konveksi regional sehingga menghasilkan awan. Alhasil kawasan kita Indonesia ini relatif aman dari bahaya gelombang panas," ucap Eddy.

Dia menambahkan, awan menjadi penghalau gelombang panas yang efektif. Apabila sebuah kawasan tidak memiliki awan, maka rentan mengalami gelombang panas.

Baca juga: PLTS Selamatkan Eropa dari Krisis Energi akibat Gelombang Panas

Eddy berujar, kawasan yang terpapar gelombang panas biasanya kawasan atau negara yang didominasi oleh daratan seperti India, Thailand, Brasil, atau Afrika.

Kapan puncak suhu panas?

Menurut Eddy, belum diketahui dengan pasti kapan periode suhu panas akan segera berakhir.

Namun, merujuk analisisnya berbasis perilaku data Indian Ocean Dipole (IOD) di Samudera Hindia, kawasan barat Indonesia dan kawasan Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa sudah mengalami suhu panas sejak April.

Kondisi suhu di kawasan itu diprediksi terus naik hingga mencapai puncaknya sekitar Juli nanti.

Hal ini diperparah dengan mulai berhembusnya angin timuran yang bergerak melintasi kawasan Indonesia seiring dengan bergeraknya posisi matahari meninggalkan garis ekuator sejak 21 Maret, bergerak semu menuju belahan bumi utara (BBU).

Baca juga: BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas di RI, Bukan Heatwave

Sementara itu, kondisi uap air di kawasan barat Indonesia yang ditarik ke arah timur pantai timur Afrika, ada angin timuran yang berasal dari gurun di bagian utara Australia mulai merangkak memasuki kawasan Indonesia.

"Gerbang utama yang akan menerima kondisi ini adalah kawasan NTT (Nusa Tenggara Timur), diikuti NTB (Nusa Tenggara Barat), Bali, Jawa Timur, dan seterusnya,” kata Eddy.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com