Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capaian EBT Indonesia Masih Kecil, Target 23 Persen pada 2025

Kompas.com - 11/05/2023, 17:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Pencapaian porsi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia dinilai masih kecil. Namun pemerintah optimistis capaiannya akan meningkat.

Hingga 2022, porsi EBT dalam bauran energi nasional adalah 12,3 persen dengan total pembangkit listrik EBT sebesar 12.602 megawatt (MW).

Sedangkan target EBT pada 2025 adalah 23 persen dari bauran energi nasional.

Baca juga: Industri Lokal Unjuk Teknologi Permesinan dan EBT di Jerman

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, perlu perencanaan matang untuk meningkatkan porsi EBT.

"Jumlah itu masih sangat kecil dan tentu kita harus membuat suatu perencanaan bagaimana bisa mengoptimalkan energi terbarukan semaksimal mungkin," kata Dadan Kusdiana dalam peluncuran The 11th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (Indo EBTKE Conex) 2023 pada Selasa (9/5/2023).

Meski demikian, pemerintah optimists mampu meningkatkan porsi EBT, baik untuk ketenagalistrikan atau untuk bahan bakar seperti contohnya biodiesel.

Baca juga: Suryacipta-PLN Sepakat Berkongsi Bentuk Joint Venture EBT dan Retail

"Bahan bakar sendiri telah mencapai lebih dari 10,4 juta kL (kiloliter) di tahun 2022 dan akan terus ditingkatkan melalui mandatori B35 di tahun ini," ucap Dadan, sebagaimana dilansir dari situw web Ditjen EBTKE Kementerian ESDM.

Selain itu, agar porsi EBT dalam bauran energi nasional dapat mencapai target 23 persen pada 2025, diperlukan berbagai upaya.

Upaya tersebut meliputi upaya konkret, sinergi, dan kolaborasi semua pihak agar upaya transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) bisa dicapai.

Baca juga: Bangunan Gedung Bakal Diwajibkan Terapkan Manajemen Energi, Begini Aturannya

Melalui Indo EBTKE Conex 2023, Dadan berharap kegiatan tersebut dapat mempertemukan seluruh pemangku kepentingan EBT dan konservasi energi baik dari dalam maupun luar negeri.

Pertemuan ini diharapkan menjadi ajang bertukar informasi, berdiskusi, dan berkolaborasi melalui platform yang telah disediakan guna mendukung percepatan pengembangan EBT di Indonesia.

"Kami berharap agar para pelaku usaha dan stakeholders untuk dapat memberikan dukungan pernuh serta dapat memanfaatkan forum ini sebagai media sosialisasi dan promosi di bidang energi terbarukan," tutur Dadan.

Baca juga: Potensi Energi Angin di Indonesia, Tersebar Luas di Berbagai Wilayah

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com