Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Gejala Halus Gangguan Kepribadian Narsistik

Kompas.com - 23/04/2024, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gangguan kepribadian narsistik  atau narcissistic personality disorder (NPD) telah menjadi isu yang populer dan ramai di media sosial.

Namun, tanda-tanda bahwa Anda sedang berhadapan dengan seseorang yang memiliki NPD bisa jadi tidak langsung diketahui, terutama pada tahap awal interaksi.

Secara garis besar, NPD adalah salah satu gangguan mental yang membuat pengidapnya merasa sangat penting dan harus dikagumi.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (Psikiater) FK Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Dr. Zulvia Oktanida Syarif, Sp. KJ mengungkapkan, orang dengan NPD juga hampir selalu merasa lebih baik daripada orang lain di sekitarnya.

Baca juga: Para Bapak, Kenali Gejala Gangguan Mental pada Ibu Usai Melahirkan

"Mereka biasanya memiliki tingkat empati sangat yang rendah kepada orang lain serta memiliki kecenderungan mudah tersinggung dan bisa dengan mudah merasakan depresi saat mendapat kritikan," tutur Zulvia dalam keterangannya kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Ketika mengenali tanda-tandanya, ini bisa membantu Anda lebih siap menghadap ketidakpastian, terutama jika hubungan masih berlangsung, seperti dengan rekan kerja, pertemanan atau anggota keluarga.

Zulvia menjelaskan, dalam lanskap gangguan kepribadian yang luas, NPD sering kali memiliki ambiguitas, sulit untuk dibedakan karena manifestasinya yang tidak mudah dikenali.

Berikut ini adalah beberapa gejala halus seseorang memiliki NPD yang sering terabaikan:

Self-centred dan memiliki kepercayaan diri yang terlampau tinggi

Gejala halus dari narsistik adalah ketika kepercayaan diri seseorang melampaui batas di mana mereka secara konsisten menyiratkan bahwa mereka lebih unggul dari orang lain.

Baca juga: Pengidap TBC Rentan Alami Gangguan Kesehatan Mental dari Lingkungan

Misalnya, saat mengerjakan satu proyek kelompok, seseorang mungkin secara halus meremehkan ide orang lain, memposisikan saran mereka sebagai sesuatu yang lebih berwawasan luas atau berharga.

Selain itu, seseorang dengan NPD biasanya akan memiliki kecenderungan untuk memusatkan topik perbincangan menjadi tentang dirinya sendiri.

Mereka mungkin mendengarkan Anda dengan penuh perhatian saat Anda berbagi cerita, tetapi orang dengan NPD akan menemukan cara untuk menyisipkan diri mereka sendiri ke dalam percakapan dengan perspektif dan pengalaman mereka.

Kurang memiliki rasa empati

Seseorang dengan NPD biasanya mengalami kesulitan untuk terhubung atau bahkan menempatkan diri mereka di posisi orang lain.

Baca juga: Ribuan Warga Gangguan Mental di Babel Terdaftar sebagai Pemilih

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com