Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Hulu Energi Dalami Potensi Eksplorasi Hidrogen Natural

Kompas.com - 13/05/2024, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina terus melakukan beragam inovasi dan pengembangan di bidang eksplorasi sebagai salah satu upaya peningkatan kinerja perusahaan dalam menjaga ketahanan energi nasional.

Hingga Maret 2024, PHE mencatatkan kinerja penyelesaian pengeboran tiga sumur eksplorasi, 163 sumur pengembangan, 219 workover dan 8.323 well services.

Selain itu, PHE juga mencatatkan survei Seismik 2D sepanjang 12 kilometer dan 3D sepanjang 2.602 kilometer persegi.

Dalam bidang eksplorasi, PHE mencapai total temuan sumber daya 2C sebesar 140 Juta Barel Minyak Ekuivalen/Setara Minyak (MMBOE).

Baca juga: Perdalam Kerjasama Transisi Energi, Dubes Tilley Kunjungi Indonesia

Kali ini PHE melalui Fungsi New Venture, berupaya mengembangkan potensi eksplorasi untuk geologic hydrogen atau hidrogen natural di wilayah Timur Indonesia.

Berkolaborasi dengan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi Universitas Pertamina, dan bekerja sama dengan pihak Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (KESDM), PHE memulai penerapan studi G&G potensi geologic hydrogen di East Sulawesi Ophiolite.

Studi ini dimulai melalui tahapan kick off meeting untuk studi eksplorasi geologic hydrogen atau dikenal dengan natural hydrogen, yang digelar di kota Bandung, Senin (6/5/2024).

Penelitian G&G berhasil mengidentifikasi adanya geologic hydrogen, melalui gas seepage Tanjung Api dan Hot Spring Bahodopi di jalur Sesar Matano.

Studi ini merupakan bentuk dukungan visi dan misi serta roadmap perusahaan terkait Emission Reduction pada 2025-2034.

Baca juga: Teknologi Pompa Berbasis IoT Berhasil Menghemat Energi hingga 43 Persen

Selain itu juga sebagai kebijakan keberlanjutan (sustainability policy) untuk menjadi perusahaan ramah lingkungan (environment friendly) yang menyediakan akses energi dan mendukung energi hijau untuk mendukung agenda transisi iklim nasional.

VP New Venture PHE Bintoro Wibowo menuturkan, eksplorasi untuk menemukan Geologic/Natural Hydrogen ini akan menjadi salah satu harapan dari Pertamina sebagai greener and cleaner energy.

Hal ini sekaligus menyambut peluang kerja sama dengan semua pihak, terutama dari pihak akademisi, peneliti, maupun dari pihak stakeholder lainnya.

Menurut Bintoro, ke depan hidrogen akan menjadi energi unggulan yang mendukung dunia menuju dekade geologic hydrogen dan net zero emission (NZE).

PHE memberikan kepercayaan kepada Universitas Pertamina untuk memimpin studi melihat potensi geologic hydrogen.

"Dan ini melibatkan banyak sekali keilmuan, mulai dari mapping geologi, survei, pengambilan data geokimia, pengambilan data geofisika, yang sangat kompleks dan lengkap," tutur Bintoro.

Baca juga: WWF ke-10, Indonesia Promosi Infrastruktur Berbasis Energi Hijau

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com