Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Ramah Lingkungan, Ini 3 Indikator Pekerjaan Jadi Green Jobs

Kompas.com - 13/05/2024, 19:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Green jobs adalah jenis pekerjaan yang ramah lingkungan sekaligus berkelanjutan. Ragam variasi green jobs semakin populer di Indonesia belakangan ini. 

Menurut organisasi non-profit Coaction Indonesia, ada sedikitnya tiga indikator terpenuhinya green job.

"Green jobs adalah sebuah pekerjaan yang mempunyai tiga indikator. Pertama, melestarikan lingkungan atau mengurangi dampak lingkungan," ujar Research and Knowledge Management Manager Coaction Indonesia, Ridwan Arif, dalam paparannya di Festival Energi Terbarukan 2024 yang digelar di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Minggu (21/4/2024). 

Baca juga: Bukan Cuma Energi Terbarukan, Green Jobs Cakup Semua Sektor

Kedua, pekerjaan tersebut layak secara ekonomi. Artinya, dalam menjalankannya seseorang memperoleh pendapatan yang sesuai dengan pekerjaannya, dan cukup untuk menghidupi diri sendiri. 

Ketiga, lantaran green job merupakan hasil dari praktik ekonomi hijau (green economy), maka pekerjaan ini juga harus inklusif secara sosial.

"Green jobs tidak hanya untuk pekerjaan berlatar teknik atau yang mengandalkan energi terbarukan. Jenis pekerjaan apa pun bisa diadaptasi menjadi green job," imbuh Arif. 

Green jobs bisa mencakup banyak bidang

Adapun Coaction Indonesia atau Koaksi Indonesia menyerap definisi green job berdasarkan definisi dari International Labour Organization (ILO) pada 2007.

"Mereka (ILO) mendefinisikan green job sebagai pekerjaan yang layak, dan berkontribusi terhadap kelestarian," ujar Arif. 

Dengan definisi itu, green jobs tidak hanya berkutat pada sektor manufaktur, konstruksi, dan energi hijau, seperti energi terbarukan dan transisi energi, namun juga bisa dilakukan oleh pekerja di semua sektor.

Baca juga: Koperasi Hijau di Daerah Terpencil Mampu Ciptakan Green Jobs

Pada intinya, yang memenuhi sebagai pekerjaan layak, atau tidak eksploitatif secara fiskal dan tidak diskriminatif secara sosial. Selain itu, pekerjaannya berkontribusi untuk kebaikan lingkungan. 

"Misalnya bekerja sebagai desainer pakaian atau desain grafis, ketika produk-produknya menggunakan limbah atau berkampanye tentang lingkungan, mendapatkan bayaran cukup, itu bisa masuk kategori green jobs," paparnya. 

Seperti yang sudah ditetapkan oleh ILO, green jobs memiliki lima tujuan. Tujuan tersebut termasuk melindungi dan memulihkan ekosistem, meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku, meminimalkan limbah dan polusi dari proses produksi, membatasi emisi gas rumah kaca, dan mendukung adaptasi terhadap perubahan iklim.

Selama memenuhi salah satu tujuan dari green jobs yang sudah ditetapkan ILO, berarti suatu sektor atau pekerjaan termasuk dalam kategori green jobs.

Tren geen jobs

Menurut Arif, saat ini masyarakat Indonesia sudah semakin memahami dan tertarik terhadap tren green job. Namun, belum semuanya memahami bahwa pekerjaan tradisional pun bisa menjadi green jobs. 

Baca juga: Daftar Skill dan Jurusan yang Dibutuhkan Green Jobs Teknik

Padahal, berdasarkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), Koaksi Indonesia menghitung
akan tercipta setidaknya 432.000 tenaga kerja langsung pada 2030 dan lebih dari 1,12 juta pada 2050. Angka tersebut belum termasuk tenaga kerja tidak langsung dan terinduksi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com