Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2024, 08:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta pemerintah daerah meningkatkan pemilahan sampah di masyarakat.

Upaya tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah untuk memastikan tempat pembuangan akhir (TPA) hanya menampung residu dan mencegah kebakaran.

Hak tersebut disampaikan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati dalam pertemuan pembaruan pengelolaan sampah, limbah, dan B3, Selasa (2/7/2024).

Baca juga: Waspadai Kebakaran TPA pada Musim Kemarau

Dia mengatakan, saat ini pengelolaan sampah tidak hanya kumpul, angkut, dan buang, tetapi harus dikelola dari hulu ke hilir.

"Intinya adalah TPA itu hanya menjadi residu ini yang saya minta perhatian teman-teman dari Dinas LH (Lingkungan Hidup)," kata Vivien, sebagaimana dilansir Antara.

Dia mengingatkan peristiwa kebakaran di 35 TPA yang terjadi pada 2023 agar menjadi pelajaran untuk semua pihak.

Dari kejadian tersebut, pengabaian pengelolaan sampah dapat menghasilkan gas metana yang menjadi pemicu kebakaran.

Baca juga: Waspada, Kebakaran TPA Lepaskan Zat Beracun

Untuk itu, dia meminta pemerintah daerah terutama Dinas Lingkungan Hidup untuk menggalakkan pemilahan sampah dari rumah dan mendukung bank sampah serta tempat pengelolaan sampah (TPS3R) sebagai pusat pemrosesan sampah terpilah di wilayah masing-masing.

Hal itu dilakukan untuk mencapai pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen yang ditargetkan dicapai oleh pemerintah pada 2025.

Vivien juga mendorong para pemangku kepentingan untuk menggunakan perkembangan teknologi dalam mendukung upaya pengelolaan sampah.

Baca juga: 14 TPA Kebakaran dalam 3 Bulan, Berikut Daftarnya

Beberapa contoh seperti pemanfaatan gas metana untuk listrik dan teknologi refused derived fuel (RDF) menggunakan sampah sebagai bahan untuk menghasilkan energi.

"Ini semua harus melibatkan pemerintah daerah dan dunia usaha," kata Vivien.

Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) KLHK, sampai dengan 2023 terdapat total 26,13 juta ton timbulan sampah.

Dari jumlah tersebut sebanyak 33,77 persen masih belum terkelola.

Baca juga: Walhi: Rentetan Kebakaran TPA di Jateng karena Kurang Mitigasi

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com