Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Temukan Jamur Pemakan Plastik, Bisakah Bersihkan Lautan Dunia?

Kompas.com - 18/08/2024, 09:20 WIB
Monika Novena,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ilmuwan di Jerman telah mengidentifikasi jenis jamur yang mampu memecah plastik sintetis.

Temuan ini menawarkan senjata baru yang potensial dalam perang global melawan polusi plastik.

Tim di Institut Ekologi Air Tawar dan Perikanan Darat Leibniz di Berlin tersebut menemukan bahwa jamur mikro tertentu dapat bertahan hidup secara eksklusif pada plastik, mendegradasinya menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Meskipun ini merupakan terobosan yang menjanjikan, terutama dalam hal mengatasi polusi plastik di lautan, para ahli memperingatkan bahwa ini bukanlah solusi yang sempurna.

Seperti dikutip dari Independent, Jumat (16/8/2024) peneliti mengamati bahwa jamur mikro di Danau Stechlin di timur laut Jerman dapat tumbuh subur pada polimer sintetis tanpa sumber karbon lainnya.

Baca juga: Bisakah Kita Berhenti Menggunakan Plastik?

“Temuan paling mengejutkan dari pekerjaan kami adalah bahwa jamur kami dapat tumbuh secara eksklusif pada beberapa polimer sintetis dan bahkan membentuk biomassa,” kata Hans-Peter Grossart, peneliti utama studi ini.

Pemakan Plastik

Kemampuan untuk memanfaatkan plastik sebagai satu-satunya sumber makanan mereka memungkinkan jamur untuk mendegradasi plastik lebih efisien dibandingkan dengan organisme lain yang mungkin membutuhkan nutrisi atau sumber karbon tambahan.

Para peneliti mengatakan kemampuan jamur untuk memecah plastik mungkin telah berevolusi sebagai respons terhadap keberadaan bahan sintetis yang sangat banyak di lingkungan mereka.

Jamur tersebut sangat efektif dalam memecah poliuretan, bahan umum yang digunakan dalam busa konstruksi di antara produk-produk lainnya.

Empat dari 18 galur jamur yang diteliti oleh tim Institut Leibniz pun sangat "lapar". Artinya, mereka dapat secara efisien memanfaatkan plastik, terutama poliuretan.

Akan tetapi jamur kurang efisien dalam memecah polietilena, yang umum digunakan dalam kantong plastik, dan mikroplastik dari abrasi ban, yang sarat dengan aditif logam berat yang menghambat degradasi.

Solusi Krisis Plastik?

Meskipun penemuan jamur pemakan plastik merupakan langkah maju, hal itu tidak mungkin menyelesaikan masalah polusi plastik dengan sendirinya.

Para ahli mengatakan cara paling efektif untuk mengatasi polusi plastik adalah dengan mengurangi jumlah material yang masuk ke lingkungan.

Aktivitas enzim jamur yang bertanggung jawab untuk memecah plastik, sangat bergantung pada faktor eksternal seperti suhu dan ketersediaan nutrisi.

Hal tersebut membuat jamur lebih cocok untuk lingkungan terkendali seperti pabrik pengolahan limbah daripada lingkungan alami.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau