Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB: Tahun 2023, 98 Persen Bencana di Indonesia Terkait Iklim

Kompas.com - 17/10/2024, 05:22 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan, sebagian besar bencana di Indonesia pada tahun 2023 berkaitan dengan iklim.

“Pada 2023, kita mencatat 5.400 kejadian bencana. Sebagian besar, hampir 98 persen, adalah bencana yang terkait dengan iklim,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi, BNPB, Abdul Muhari di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Lebih lanjut, kata dia, tiga bencana yang paling sering terjadi di antaranya adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), banjir, dan cuaca ekstrem. Sepanjang 2023, karhutla menjadi yang tertinggi.

Baca juga: KLHK dan UNEP Jalin Kolaborasi di Bidang Hutan dan Lingkungan

“Di Indonesia, ini adalah pertama kalinya, setidaknya dalam 30 tahun terakhir. Biasanya, banjir adalah bencana yang paling sering terjadi di Indonesia (bukan karhutla),” imbuh dia.

Adapun secara detail, bencana terbanyak adalah karhutla yaitu sebesar 2.051, cuaca ekstrem 1.261 kejadian, banjir 1.255 kejadian, tanah longsor 591 kejadian, kekeringan 174 kejadian, dan gelombang pasang serta abrasi 33 kejadian.

"Kita bisa melihat secara spasial, daerah mana yang paling sering mengalami bencana di Indonesia. Ada Sumatra, Jawa, Kalimantan. Tahun lalu, kita mengalami puncak periode El Nino sehingga kebakaran hutan menjadi kejadian bencana yang paling sering terjadi di Indonesia" terang dia.

Baca juga: Kebakaran Hutan Batasi Kemampuan Tanah Serap Karbon

Banjir peringkat pertama pada 2024

Dalam data yang dipaparkan BNPB, sebanyak 5.400 bencana yang terjadi di Indonesia pada 2023 menyebabkan kerugian besar.

Antara lain, 275 orang meninggal dunia, 33 orang hilang, 5.795 terluka, dan 8,4 juta orang terkena dampak langsung serta terpaksa mengungsi.

Tak hanya itu, sebanyak 4.870 rumah mengalami kerusakan berat, 6.079 rumah mengalami kerusakan sedang, dan 36.265 rumah mengalami rusak ringan.

Lebih jauh lagi, bencana di sepanjang tahun 2023 juga menyebabkan rusaknya 680 fasilitas pendidikan, 506 fasilitas ibadah, 105 fasilitas kesehatan, 135 perkantoran, dan 258 jembatan.

Baca juga: Tingkat Kebakaran Lahan Gambut Menurun, Bisa Tekan Emisi

Namun, Muhari menambahkan, pada tahun 2024 ini, banjir kembali menjadi bencana yang paling sering terjadi di Indonesia.

Setelah diamati, pihaknya mencatat bahwa banjir merupakan bencana yang paling berdampak pada populasi.

“Mungkin tidak berpengaruh pada korban jiwa, tetapi berdampak pada pengungsi, berdampak secara langsung langsung, dan berdampak pada orang yang terlantar,” pungkasnya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau