Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bazar UMKM dan 1.000 Paket Sembako di Pasar Murah HK

Kompas.com - 07/04/2023, 10:09 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) melalui program HK Peduli Sosial, berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar pasar sembako murah dan bazar UMKM dalam rangkaian Safari BUMN 2023 yang dilaksanakan serentak di Jabodetabek, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Bertempat di Tugu Jam Paser, Jalan Kusuma Bangsa KM.5 Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, kegiatan ini diresmikan langsung oleh Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Hutama Karya Agus Kosasih, Kamis (6/4/2023).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, pada kegiatan Safari Ramadan di Kabupaten Paser terdapat 1.000 paket sembako murah langsung didistribusikan kepada masyarakat sekitar Kabupaten Paser.

Baca juga: Dukung Pendidikan Berkualitas, HK Sumbang Rp 10 Juta buat Mahasiswa IPB

Paket sembako terdiri dari beras 5 kg, minyak 1 liter dan gula 1 kg. Masyarakat yang tertarik, diwajibkan melakukan registrasi lebih dahulu sesuai dengan wilayah RW masing-masing dengan membawa KTP dan kupon yang telah dibagikan di setiap RT untuk selanjutnya ditukarkan dengan satu paket sembako dengan harga murah.

Pasar murah akan digelar dari pukul 14.30 sampai dengan 16.30 WITA. Selain pasar murah, kegiatan Safari Ramadan di Kabupaten Paser juga dimeriahkan dengan acara bazar Binaan UMKM, penampilan musik band lokal.

Kemudian pemberian bantuan senilai puluhan juta yang bersumber dari penjualan paket sembako murah kepada Panti Asuhan Al Muhtadin dan Panti Asuhan Al Ihsan, Kabupaten Paser.

Menyemarakkan pasar murah ini, Hutama Karya turut menerjunkan puluhan karyawan milenial untuk berkontribusi langsung selama kegiatan.

"HK Peduli Sosial ini juga menjadi bentuk apresiasi Hutama Karya atas dukungan masyarakat Paser dan Kalimantan Timur atas proyek jalan tol IKN yang sedang digarap perusahaan saat ini," ujar Tjahjo.

Melalui kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Paser ini, Perseroan berharap dapat memberikan manfaat yang besar, menyejahterakan masyarakat sekitar khususnya memenuhi kebutuhan pokok selama bulan Ramadan 1444 H, serta mendorong pelaku UMKM lokal mengembangkan bisnis dan usaha yang dilakukan,” tutup Tjahjo.

Hutama Karya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan HK Peduli Sosial berkomitmen untuk terus aktif dalam menyalurkan berbagai bantuan paket sembako kepada masyarakat tidak mampu, dhuafa dan yatim piatu yang berada di sekitar lingkungan bisnis perusahaan.

Pada tahun 2023 ini, sudah ribuan paket sembako disalurkan oleh perusahaan. Seluruh rangkaian kegiatan Safari Ramadan ini sesuai dengan ISO:26000 yakni standar internasional yang memberikan pedoman untuk TJSL Sustainable Development Goal (SDGs) Pilar Pembangunan Lingkungan Nomor 2 tentang Tanpa Kelaparan.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com