Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah 200 Tukang Bangunan Ikuti Pelatihan Teknik Acian Alam Sutera

Kompas.com - 11/06/2023, 15:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Alam Sutera Realty Tbk menggelar program corporate social responsibility (CSR)  pelatihan teknik acian dan pelesteran untuk para pekerja konstruksi di Kawasan Alam Sutera maupun Suvarna Sutera.

Pelatihan ini diikuti sekitar 200 pekerja yang dibagi menjadi dua batch yaitu, batch I pada Rabu, 7 Juni 2023 bertempat di Sport Center, Alam Sutera dan batch II pada Kamis, 8 Juni 2023 bertempat di Padi Sport Center, Suvarna Sutera.

Dalam menggelar pelatihan ini, Perusahaan bekerja sama dengan PT Cipta Mortar Utama, produsen semen instan untuk bangunan tempat tinggal dan komersial.

Seperti diketahui, semen merupakan bahan baku dalam pembangunan rumah maupun bangunan keras lainnya. Pelatihan ini fokus membahas pembangunan dinding, salah satu elemen arsitektur pembentuk ruang.

Baca juga: Singkong dan Sekam Padi, Material Bangunan Sekolah Ramah Lingkungan

Dinding yang terkomposisi dari bata dan lapisan-lapisan pendukung yang tersusun sedemikian rupa, membutuhkan teknik yang tepat dalam pengaplikasiannya.

Bahan utama perekat antar bidang tersebut adalah mortar acian dan plesteran sebelum memasuki teknik pelapisan dan pengecatan selanjutan.

Selain pengaplikasian teknik yang tepat, dalam pelatihan ini dibekali informasi mengenani ketebalan minimum setiap lapisan pasta mortar pada batu-batu bata.

Kemudian, penetapan media untuk dinding, penyusunan bata-bata, hingga pembelajaran mengenai teknik baru dalam membuat dinding bangunan agar tetap kokoh dan tidak retak.

Corporate Communication Division Head Alam Sutera Group Rossie Andriani mengatakan, pelatihan aplikasi acian dan plesteran sangat penting dalam meningkatkan kualitas para pekerja konstruksi dari segi skill dan pengetahuan mendasar.

Baca juga: Schneider Luncurkan Solusi Bangunan Berkelanjutan

Dalam mengembangkan kawasan, Alam Sutera berkomitmen untuk menciptakan hunian yang berkualitas dan hal tersebut perlu diimbangi kemampuan para pekerja konstruksi yang profesional dan mahir dalam bidangnya.

"Kami yakin pelatihan yang diberikan PT Cipta Mortar Utama akan membantu pekerja konstruksi kami dalam melaksanakan tugas lapangan," ujar Rossie, Minggu (11/6/2023).

Untuk diketahui, PT Alam Sutera Realty Tbk (Alam Sutera) adalah pengembang properti terintegrasi sejak 1994 yang bergerak di bidang pembangunan dan pengelolaan perumahan, kawasan komersial, pengelolaan pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan hospitaliti (pengembangan kawasan terpadu).

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com