Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Bijak Garam Ajinomoto Sasar Penurunan Angka Hipertensi

Kompas.com - 26/06/2023, 07:38 WIB
Josephus Primus,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedap rasa PT Ajinomoto Indonesia menggelar kampanye Bijak Garam demi penurunan angka hipertensi di Indonesia.

"Melalui kampanye Bijak Garam yang sedang kami giatkan ini, Ajinomoto ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam," ujar Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia Grant Senjaya, Minggu (25/6/2023).

Menilik data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada sekitar 63 juta lebih kasus hipertensi di Indonesia, dengan angka kematian sebagai dampak hipertensi mencapai 422.218 jiwa.

Prevalensi hipertensi di Indonesia ada di angka 14 persen lebih dari total populasi rakyat Indonesia yang kini jumlahnya 265 juta orang lebih.

Baca juga: Tips Mencegah Penyakit ISPA di Tengah Kualitas Buruk Udara Jakarta

Denagn kondisi ini, Indonesia berada di posisi kelima pada kasus hipertensi di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mewanti-wanti adanya sekitar 1 miliar jiwa di dunia yang terkena hipertensi.

Dari jumlah itu, 65 persennya tinggal di negara berkembang dengan penduduk berpenghasilan sedang.

Grant Senjaya memaparkan, salah satu langkah nyata kampanye Bijak Garam adalah pergelaran pertemuan mengenai hipertensi yang melibatkan kolaborasi dengan Katadata dan Dokter Spesialis Gizi Klinik Yohan Samudra.

Menurut Yohan, ada beragam cara untuk mencegah hipertensi. Di antaranya dengan mengurangi konsumsi garam.

Pilihan yang disarankan adalah menggantikan garam dengan glutamat atau lebih dikenal dengan nama monosodium glutamat (MSG).

Yohan menyebut jumlah maksimal garam yang boleh dikonsumsi adalah satu sendok teh sehari atau sekitar 2.000-2.300 mg natrium.

Baca juga: Ajinomoto Bantu Lansia Tingkatkan Kualitas Hidup

Dalam jangka panjang, risiko penyakit dari konsumsi garam yang berlebihan adalah gagal ginjal akut. Sementara glutamat bisa menggantikan peran garam dalam makanan.

"Makanan yang sehat menjadi awal dari keluarga sehat dan bahagia," ungkap Yohan.

MSG mengandung 133 mg natrium sedangkan garam mengandung 400 mg natrium.

Grant Senjaya menambahkan, kampanye Bijak Garam Ajinomoto juga berwujud edukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam.

Ajinomoto mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com