Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Optimistis AIDS Berakhir 2030

Kompas.com - 15/07/2023, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Lembaga PBB yang bertugas menangani AIDS, UNAIDS, meyakini bahwa AIDS dapat berakhir pada 2030.

Eliminasi AIDS merupakan salah satu target dalam tujuan nomor tiga Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu kehidupan sehat dan sejahtera.

Keyakinan berakhirnya wabah AIDS pada 2030 tersebut dituangkan UNAIDS dalam laporan terbaru berjudul The Path that Ends AIDS yang dirilis pada Kamis (13/7/2023).

Direktur Eksekutif UNAIDS Winnie Byanyima mengatakan, laporan terbaru tersebut berisi data dan studi kasus yang menyoroti bahwa mengakhiri AIDS adalah pilihan politik dan alokasi keuangan dari para pemimpin.

Baca juga: Apa Itu HIV dan AIDS? Kenali Perbedaannya Berikut...

Warisan

Byanyima menuturkan, mengakhiri AIDS akan menjadi warisan yang sangat besar bagi generasi mendatang.

“Mereka (para pemimpin) dapat dikenang oleh generasi mendatang sebagai orang yang menghentikan pandemi paling mematikan di dunia. Mereka bisa menyelamatkan jutaan nyawa dan melindungi kesehatan semua orang. Mereka dapat menunjukkan apa yang dapat dilakukan kepemimpinan,” kata Byanyima dalam siaran pers.

Untuk diketahui, AIDS adalah suatu kondisi di mana orang yang terinfeksi HIV telah menyebabkan kerusakan serius pada sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan HIV adalah virus yang dapat menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, belum ada obat yang menyembuhkan HIV dan AIDS. pengobatan hanya seputar perawatan agar pasien bisa hidup dengan normal.

Dengan diagnosis dini dan pengobatan yang efektif, kebanyakan orang dengan HIV tidak akan berkembang kondisinya menjadi AIDS dan bisa hidup dengan normal.

Baca juga: RSUD Abdoer Rahem Situbondo: 30 Pasien HIV AIDS di Situbondo Masih Usia SMP

Kasus stagnan

Dilansir dari The Mesenger, UNAIDS memperkirakan bahwa ada 39 juta kasus HIV di seluruh dunia pada 2022. Jumlah ini meningkat sekitar 4 juta kasus dari 2012 yaitu 35 juta kasus global.

Bisa dikatakan, kenaikan kasus HIV di seluruh dunia adalah ratusan ribu per tahunnya dari 2012 hingga 2022. Bila dibandingkan,beberapa dekade sebelum 2012, setiap tahun ada jutaan kasus HIV didiagnosis setiap tahunnya.

Laporan tersebut menyoroti bahwa penanganan HIV dinilai berhasil ketika kepemimpinan politiknya kuat.

Kemajuan paling besar terjadi di negara dan wilayah yang memiliki investasi keuangan paling besar,seperti di Afrika bagian timur dan selatan. Di sana, infeksi HIV baru telah berkurang sebesar 57 persen sejak 2010.

Ada lima negara yang mendapat nilai paling tinggi dalam menangani HIV dan AIDS yaitu Botswana, Eswatini, Rwanda, Tanzania, dan Zimbabwe.

Baca juga: BPS: Kasus HIV/AIDS di Situbondo Mencapai 1.297 Kasus

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com