Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerobak Listrik buat Masjid Istiqlal dari Unilever

Kompas.com - 02/08/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Indonesia Tbk memberikan bantuan kepada Masjid Istiqlal berupa gerobak listrik pembawa tangki air.

Nantinya, gerobak listrik ini membawa toren yang akan mendistribusikan air yang sudah didaur ulang tersebut lingkungan Masjid Istiqlal.

Head of Division Environment & Sustainable Unilever Indonesia Foundation Maya Tamimi dalam acara Water Stewardship di Jakarta, Rabu (2/8/2023).

"Jadi, selama ini fasilitas daur ulangnya sudah ada, cuma airnya belum dimanfaatkan. (lalu), yang kita bantu adalah gerobak listrik. Nah, nanti dia membantu mendistribusikan air tersebut, itu di Istiqlal," jelasnya.

Ini merupakan bagian dari dimulainya rangkaian program Water Stewardship di lingkungan masjid.

Selain memberikan dukungan berupa penerapan teknologi dan infrastruktur tata kelola air, Unilever Indonesia juga ingin mengedukasi lebih banyak masyarakat untuk memulai kebiasaan menggunakan air dengan lebih bijak.

Baca juga: Cara Unilever Tangani Sampah Plastik dari Hulu ke Hilir

Sementara itu, Direktur dan Sekretaris Unilever Indonesia Nurdiana Darus menambahkan, Unilever ikut berkontribusi dalam mengatasi krisis air bersih yang dihadapi dunia, termasuk Indonesia melalui Water Stewardship.

Hal ini sejalan dengan salah satu pilar strategi global ‘The Unilever Compass’ yaitu membangun planet yang lebih lestari.

"Kami telah menerapkan sejumlah strategi penatagunaan air dalam bentuk upaya efisiensi dan daur ulang air, yang diawali dari lingkungan terkecil yaitu di pabrik-pabrik kami," ucapnya.

Untuk memberikan manfaat yang lebih luas, Unilever Indonesia turut melakukan upaya konservasi dan peningkatan pasokan air bersih di level komunitas seperti di pesantren dan lingkungan masjid.

Tidak hanya di Masjid Istiqlal, Unilever Indonesia juga mengimplementasikan pilot project (proyek percontohan) Water Stewardship di tiga masjid lainnya.

Adapun ketiganya Masjid Arief Rahman Hakim di Universitas Indonesi (UI) Salemba, Masjid Ukhuwah Islamiyah di UI Depok, dan Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur (Jaktim).

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com