Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pengentasan Stunting, Poslog Gandeng KTB Distribusikan Telur dan Ayam

Kompas.com - 04/08/2023, 20:27 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang masih menjadi salah satu permasalahan yang mendera tumbuh kembang anak di Indonesia.

Biasanya kondisi tersebut ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak yang berada di bawah standar.

Untuk mengatasi hal itu, Pemerintah terus mendorong sejumlah inisiatif dan program pengentasan stunting di seluruh Indonesia. Salah satunya pemenuhan asupan makanan yang bergizi bagi anak.

PT Pos Logistik Indonesia (Poslog) saat ini menjadi pihak yang mendistribusikan makanan bergizi kepada keluarga di Indonesia.

Baca juga: Pernikahan Dini Jadi Salah Satu Penyebab Tingginya Kasus Stunting di Mamuju

Direktur Utama Poslog Ardian Cholid mengatakan, untuk program mencegah stunting, Perusahaan memeroleh kepercayaan dalam pendistribusiannya.

"Ini sudah dua kali. Yang pertama itu tujuh provinsi itu besarannya hampir 1,4 juta keluarga penerima manfaat diberikan satu ekor ayam dan 10 butir telur," kata Ardian, di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Ardian menjelaskan, dalam pengentasan stunting, langkah yang paling benar adalah pengendalian gizi. Maka dari itu target pendistribusian ayam dan telur diperuntukkan bagi keluarga yang membutuhkan perbaikan gizi.

"Saat ini programnya sudah mulai jalan lagi sejak Minggu lalu. Dan kami bertemu Pak Duljatmono dari Mitsubishi Fuso. Kami mengapresiasi karena demo truk Fuso Canter Cold Chain mendukung program yang sedang kami jalankan saat ini," papar Ardian.

Saat ini, kondisi stunting di Indonesia masih berada pada angka 21 persen. Untuk itu Adrian berkomitmen akan terus membantu program pemerintah dengan memberikan dukungan logistik bantuan pangan.

Baca juga: Peningkatan Intervensi pada Ibu Menyusui Dapat Cegah Stunting

Sebagai informasi, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, baru saja melakukan serah terima satu unit demo truk Fuso Canter Cold Chain kepada Poslog.

Demo Truk tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung kegiatan operasional pendistribusian bahan makanan dalam upaya penanggulangan stunting.

"Jadi tugas ini tidak hanya bicara bisnis, namun bagaimana bangsa ini yang kompetitif, salah satunya pemenuhan gizi lengkap," kata Adrian.

Sementara itu, Sales dan Marketing Director KTB Duljatmono mengatakan, kerja sama ini merupakan kehormatan bagi Perusahaan sehingga dapat berpartisipasi dalam program pemerintah untuk menekan angka stunting.

"Mitsubishi Fuso selalu siap untuk mendukung kegiatan operasional konsumen melalui produk dan layanan dengan jaringan terluas di seluruh Indonesia," tuntas pria yang akrab disapa Momon tersebut.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com