Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari UMKM Nasional, GudangAda Dorong UMKM “Naik Kelas” lewat Ekosistem Digital

Kompas.com - 14/08/2023, 16:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati Hari UMKM Nasional, GudangAda, ekosistem layanan bisnis B2B menggelar diskusi bertajuk "Transformasi Digital UMKM Indonesia: Menghadapi Tantangan dan Menggapai Peluang Bertumbuh dalam Ekosistem Digital B2B Inklusif” pada 14 Agustus 2023.

Diskusi tiga pembicara kunci yaitu Respati Ardi (Ketua Umum HIPMI Surakarta), Sutanto Sastraredja (Ketua Komite Ekonomi Kreatif Surakarta), dan Yuanita Agata (SVP Marketing & Corporate Affairs Gudang Ada).

Dalam kesempatan tersebut, Yuanita Agata menegaskan sudah saatnya pebisnis UMKM untuk bangkit dan maju bersama dalam ekosistem digital yang inklusif.

“Semangat inovatif GudangAda terus mendorong pembangunan ekosistem B2B digital serta mendukung transformasi digital dan pertumbuhan bisnis rantai pasok, terutama bagi pebisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo dan Indonesia," jelasnya.

Acara dilanjutkan diskusi untuk mengeksplorasi dinamika bisnis rantai pasok, tantangan dan peluang yang tercipta bagi bisnis UMKM Indonesia, dan khususnya strategi guna meningkatkan literasi digital dan finansial pebisnis UMKM dengan memanfaatkan layanan digital berbasis ekosistem B2B.

Sutanto Sastraredja, Ketua Komite Ekonomi Kreatif Surakarta mengungkapkan, adopsi teknologi digital di kalangan UMKM tidak datang tanpa tantangan.

“Dalam rantai pasok, pelaku bisnis ini masih banyak yang tidak terbuka dengan teknologi. Hal ini merupakan masalah sosial yang terjadi saat ini, khususnya terkait penerimaan terhadap digitalisasi,” ungkap Sutanto Sastraredja.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tahun 2022 menunjukkan, hanya 20 persen UMKM Indonesia telah mengadopsi teknologi digital.

Survei yang sama mengungkapkan beberapa kendala utama dihadapi UMKM dalam mengadopsi teknologi digital adalah akses terbatas ke teknologi (40 persen), kurangnya pemahaman tentang manfaat digitalisasi (30 persen), dan keterbatasan sumber daya (30 persen).

Baca juga: Mendagri: Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba Tingkatkan Ekonomi UMKM

Sutanto melanjutkan, “kita dapat mengamati pentingnya literasi digital dalam bisnis rantai pasok sektor UMKM."

"Terlepas dari skala usaha, semakin banyak UMKM yang beralih ke platform digital maka semakin luas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan interaksi dengan pemangku kepentingan bisnis," lanjutnya.

Respati Ardi, Ketua Umum HIPMI Surakarta menjelaskan, target HIPMI Surakarta dalam memfasilitasi kolaborasi industri dan pemerintah dalam membangun ekosistem digital B2B yang inklusif.

“HIPMI Solo yang sekarang ini ingin memperluas akses UMKM ke teknologi digital guna mengatasi hambatan yang umumnya ditemui wirausahawan muda dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi lokal Solo,” ujar Respati Ardi.

Strategi ekosistem digital B2B

Yuanita Agata menjelaskan, ekosistem digital B2B memiliki peran strategis dalam memperluas peluang pasar dan membangun kemitraan bisnis bagi segenap stakeholder bisnis rantai pasok, terutama pebisnis UMKM. 

"Melalui aplikasi GudangAda, UMKM dapat dengan mudah masuk ke jejaring digital rantai pasok yang telah dibangun GudangAda sehingga mempermudah pebisnis UMKM saat membeli dan menjual barang secara grosir," jelasnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com