Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Keselamatan Terjamin, Calon PMI Diimbau Gunakan Jalur Resmi

Kompas.com - 15/08/2023, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengimbau calon pekerja migran Indonesia (PMI) agar menggunakan jalur resmi atau sesuai prosedur agar terjamin keselamatannya.

Kepala BP2MI Benny Ramdhani mengatakan, tercatat sekitar 2.200 PMI pulang dalam keadaan meninggal selama tiga tahun dirinya memimpin BP2MI.

"Sekitar 95 persen dari mereka berangkat secara tidak resmi," ucapnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (14/8/2023).

Baca juga: Cara Memutus Peran Jadi Kasir Keluarga, Pekerja Migran Ikut Bimbingan Ciputra

Dia menambahkan, sekitar 3.500 PMI yang kembali ke Indonesia dalam keadaan sakit, cacat secara fisik karena penganiayaan, depresi ringan, dan depresi berat.

Sementara itu, mereka yang dideportasi sebanyak 103.000 orang, sebagaimana dilansir Antara.

"Kenapa mereka mengalami hal itu, karena mereka yang secara tidak resmi bekerja di luar negeri tidak diikat oleh perjanjian kerja, tidak ada yang mengikat secara hukum apa yang menjadi kewajiban dari majikan kepada PMI," ucap Benny.

Menurutnya, pekerja migran yang tidak resmi alias ilegal rentan mengalami eksploitasi.

Baca juga: 4,4 Juta PMI Bekerja Tidak Resmi, Rawan Jadi Korban Kekerasan

Benny mengatakan, bekerja di luar negeri adalah hak setiap warga negara.

Dia menuturkan, negara akan mempersiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk anak-anak bangsa bisa bekerja di luar negeri.

"Namun, hindari bekerja dengan cara tidak resmi, hindari bujuk rayu para calo sindikat karena akan berisiko. Sesungguhnya bekerja secara resmi mudah," ujarnya.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri secara resmi, Benny mengemukakan masyarakat bisa datang ke dinas ketenagakerjaan daerah setempat atau mendatangi kantor BP2MI di daerah setempat.

Baca juga: Greenpeace Anggap Deklarasi Perlindungan Nelayan Migran sebagai Kemenangan AKP

"Tanyakan negara mana yang memiliki peluang kerja dan apa saja syaratnya, hanya butuh kesabaran dua sampai tiga bulan untuk mengikuti pelatihan agar lebih terampil," katanya.

Dalam kesempatan itu, Benny juga mengatakan bahwa penempatan calon PMI secara non-prosedural lebih banyak dilakukan perseorangan, bukan perusahaan resmi.

"Perusahaan resmi memiliki hak yang dilindungi UU untuk menempatkan PMI. Kalau penempatannya non-prosedural, maka pada tahapan tertentu diverifikasi oleh BP2MI," tutur Benny.

Baca juga: Cara Memutus Peran Jadi Kasir Keluarga, Pekerja Migran Ikut Bimbingan Ciputra

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com