Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Bogor, 6 Komodo Dikembalikan ke Habitat Alaminya di NTT

Kompas.com - 16/08/2023, 19:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Sebanyak enam ekor komodo dikembalikan dari Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia Bogor ke habitat alaminya di Cagar Alam (CA) Wae Wuul, Nusa Tenggara Timur.

Keenam satwa endemik tersebut akan menjalani proses habituasi selama satu bulan di CA Wae Wuul sebelum dilepasliarkan pada pertengahan September 2023 mendatang.

Prosesi pemberangkatan enam komodo tersebut dilakukan di pelataran Rainforest Restaurant, Taman Safari Indonesia Bogor, Senin (14/8/2023).

Baca juga: Komodo Melintas di Wisata Golo Mori NTT, Jangan Berwisata Tanpa Pemandu

Dikembalikannya keenam komodo ke habitat alaminya tersebut merupakan langkah penting untuk menguatkan populasi Komodo di alam.

Keenam Komodo itu merupakan hasil pengembangbiakan terkontrol di Taman Safari Indonesia Bogor.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Satyawan Pudyamoko menyampaikan, aksi tersebut merupakan upaya menjaga keseimbangan populasi satwa di habitat alaminya.

“Dan merupakan salah satu bentuk implementasi program keterhubungan konservasi ex-situ dan konservasi in-situ,” kata Satyawan dalam siaran pers Kementerian LHK.

Baca juga: Tak Hanya di Taman Nasional, Komodo Juga Hidup di Beberapa Kawasan Konservasi di Pulau Flores

Dia mengatakan, program tersebut merupakan pengaitan antara program ex-situ dengan in-situ dari lembaga konservasi pertama kali di Indonesia.

“Semoga dapat direplikasi keberhasilannya oleh lembaga konservasi lain,” ungkap Satyawan.

Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE Suharyono menuturkan, rencana pelepasliaran enam komodo tersebut mengusung tema “Ora Kole Beo”.

“Ora Kole Beo” diambil dari bahasa daerah setempat yang artinya “komodo pulang kampung”.

Baca juga: BKSDA Sebut Ada Komodo yang Hidup di Luar Kawasan Konservasi

Rangkaian kegiatan pelepasliaran komodo tersebut dilaksanakan dalam rangka kampanye Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2023.

Untuk melindungi populasi komodo dari kepunahan, pemerintah menetapkan kawasan konservasi yang menjadi habitat Komodo, di antaranya adalah Taman Nasional Komodo dan CA Wae Wuul.

“Semoga satwa komodo yang akan diberangkatkan menuju habitat alaminya ini aman selama di perjalanan. Tidak mengalami stres sampai dengan kegiatan pelepasliaran dan dapat berkembangbiak di habitatnya dengan harapan dapat memperkaya populasi komodo di alam,” kata Suharyono.

Baca juga: Penjelasan BKSDA soal Komodo yang Melintas di Jalan Golo Mori Labuan Bajo

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com