Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2023, 20:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - SYNRGY Academy, program Corporate Social Responsibility (CSR) yang digelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerjasama dengan BINAR kembali digelar.

Program yang bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan lebih banyak talenta digital di Indonesia, ini telah dilaksanakan selama lima batch. Termasuk batch Grab yang memberikan beasiswa khusus untuk anak-anak mitra Grab.

Setelah melalui rangkaian proses seleksi sebanyak 231 orang terpilih menjadi peserta setelah menyisihkan sedikitnya 4.700 orang pendaftar.

Mereka akan mengikuti program bootcamp pada bidang IT dengan kelas yang sesuai dengan minat masing-masing, seperti Full Stack Web (Javascript), UI/UX Design & Product Management, Back End Engineering (Java), Android Engineering (Kotlin) dan Quality Assurance.

Baca juga: Gebyar BCA Merah Putih CFD Jakarta Serukan Semangat Nasionalisme, Hidup Sehat dan Peduli Lingkungan

SYNRGY Academy hadir untuk membantu para talenta agar dapat belajar dan berkesempatan untuk menganalisis permasalahan di dalam masyarakat serta mencari solusinya dengan project based learning dalam pembelajaran mereka sehingga pembelajar dapat dengan nyata mengaplikasikan ilmu yang didapat secara langsung.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn menuturkan pihaknya mengapresiasi tingginya minat anak-anak muda untuk menjadi peserta dari program SYNRGY Academy ini.

Perusahaan mengapresiasi tingginya antusiasme anak-anak muda yang ingin jadi bagian dari program ini. BCA  berharap dengan adanya program beasiswa ini dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil bidang teknologi di Indonesia salah satunya melalui SYNRGY Academy.

"BCA ingin memberikan kesempatan yang sama untuk masyarakat Indonesia khususnya lulusan SMA/K dan mahasiswa yang ingin terjun ke bidang IT," ujar Hera.

Baca juga: BCA Dukung Pelestarian Budaya, dari Pergelaran Wayang hingga Pentas Sudamala

Sementara itu, CEO BINAR Alamanda Shantika menambahkan harapannya agar para peserta sepenuh hati mengikuti proses pembelajaran agar bisa mendapatkan pengetahuan yang maksimal.

Menurutnya, BCA dan BINAR berupaya menghadirkan program yang dirancang untuk menyiapkan talenta digital terbaik yang siap terjun ke dunia kerja.

"SYNRGY Academy akan mempersiapkan para lulusan SMA/K sederajat serta mahasiswa yang tidak sedang bekerja secara fulltime agar memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," imbuhnya.

Para siswa yang mengikuti program ini diharapkan dapat mengambil banyak manfaat yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran dan karir pada kemudian hari.

Mereka juga akan mendapatkan banyak benefit antara lain, pembelajaran langsung dengan fasilitator/mentor yang ahli di bidang pengembangan produk digital dan keahlian sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca juga: 15 Tahun Dukung Jazz Gunung, BCA Komitmen Memajukan Industri Kreatif dan Pariwisata

Kemudian model pembelajaran yang experiential learning; kurikulum terintegrasi; kelas intensif selama 6 bulan; dan berkesempatan untuk bisa meningkatkan keterampilan non-teknis melalui sesi workshop gratis.

Keuntungan lainnya yaitu mendapat kesempatan untuk untuk bekerja di Grup BCA serta dibantu mendapatkan pekerjaan sebagai alumni bootcamp BINAR oleh Job Connect.

SYNRGY Academy telah dimulai pada tahun 2020. Saat ini telah ada 300 peserta mengikuti kegiatan tersebut dan sebagian di antaranya telah bekerja di BCA.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com