Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Lingkungan Hidup Penting Jadi Dasar Upaya Perlawanan Perubahan Iklim

Kompas.com - 08/10/2023, 15:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Pendidikan dapat membuat perbedaan dalam perjuangan melawan perubahan iklim dan pemanasan global.

Survei pada 2019 menunjukkan, masyarakat yang berpendidikan lebih tinggi cenderung memandang perubahan iklim sebagai ancaman besar terhadap planet Bumi.

Meski berdampak besar, mengampanyekan pendidikan lingkungan hidup di sekolah nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Baca juga: KTT AIS 2023 Pertajam Strategi Bersama Atasi Perubahan Iklim

Perubahan iklim dipandang sebagai isu “politik” bipartisan di beberapa negara. Bahkan, sejumlah lembaga pendidikan di berbagai negara ada yang menentang pendidikan iklim.

Oleh karena itu, banyak hal yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa generasi muda mempunyai akses terhadap pendidikan lingkungan hidup.

Semakin banyak yang terpapar pendidikan lingkungan hidup, maka sakan semakin banyak upaya dan dampak yang dilakukan dalam upaya perlawanan perubahan iklim.

Pendidikan iklim yang kuat juga akan membuat para pemimpin di masa depan keterampilan untuk mengadvokasi lingkungan hidup, melindungi lingkungan yang rentan, dan memitigasi dampak pemanasan global.

Baca juga: Tantangan Pembangunan Berkelanjutan Daerah di Tengah Perubahan Iklim

Pentingnya pendidikan lingkungan hidup

Pendidikan sering kali diabaikan dalam upaya melawan perubahan iklim, sebagaimana dilansir Earth.org.

Sejauh ini, susah ada berbagai perubahan kebijakan dan komitmen global untuk mencegah pemanasan global agar tidak semakin parah.

Meski demikian, peningkatan pendidikan adalah langkah utama dan pertama yang harus diperhatikan.

Pendidikan mengenai lingkungan hidup dapat menjadi dasar bagi generasi penerus untuk lebih menjaga dan memperhatikan planet Bumi.

Muaranya, akan ada lebih banyak kebijakan-kebijakan dan upaya dari pemimpin di masa depan yang memiliki bekal kesadaran mengenai lingkungan hidup.

Pendidikan lingkungan hidup juga dapat membantu mengurangi kecemasan terhadap perubahan iklim karena kurangnya pemahaman.

Baca juga: Bali Harap KTT AIS Sepakati Komunike Perkuat Mitigasi Perubahan Iklim

Bekal di masa depan

Salah satu metode yang bisa diimplementasikan dalam pendidikan lingkungan hidup adalah penjelasan mekanisme di balik pemanasan global.

Selain penjelasan, perlu memberikan siswa atau mahasiswa pembekalan dengan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk melakukan sesuatu terhadap perubahan iklim.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com