Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vale Bakal Luncurkan Program Intervensi Stunting di Tujuh Provinsi

Kompas.com - 27/10/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Vale Indonesia Tbk bakal meluncurkan program Intervensi Stunting di tujuh provinsi di seluruh Indonesia.

Ketujuh provinsi tersebut, meliputi Sumatera Utara (Tapanuli, Batubara, Labuanbatu, Samosir), Kalimantan Barat (Kapuas/Barito), Jawa Tengah (Purwokerto, Banyumas, Mungkid, Magelang), Jawa Timur (Jember), NTB, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Terbaru, program Intervensi Stunting telah diluncurkan di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jumat (27/10/2023).

"Kami akan menyasar kelompok masyarakat langsung di beberapa wilayah atau kota yang dipilih berdasarkan kondisi angka stunting di atas rata-rata nasional, di luar area pemberdayaan," ujar Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy.

Dia menyebut program ini selaras dengan tujuan Vale untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Selain itu, program Intervensi Stunting juga mendukung mencapaikan Indonesia Emas tahun 2045.

Baca juga: Pengentasan Stunting, Kemenag Wajibkan Calon Pengantin Ikut Bimbingan Perkawinan di 2024

"Walaupun kami perusahaan tambang, tujuan kami adalah meningkatkan kualitas hidup dan mentransformasi masa depan. Karena esensi pertambangan berkelanjutan adalah membawa kemanfaatan sebesar-besarnya bagi kehidupan kita," imbuh Febriany.

Program Intervensi Stunting 2023 di Kabupaten Bandung akan berlangsung hingga Februari 2024, mulai dari identifikasi, edukasi, pemberian gizi, hingga evaluasi dan monitoring.

Dalam melaksanakan program, Vale bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), dan stakeholder lain.

Sebagai informasi, prevalensi stunting di Kabupaten Bandung mencapai 25 persen, menurut hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 yang dirilis oleh Kemenkes.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com