Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2023, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Risiko Environment, Social, and Governance (ESG) PT Elang Mahkota Teknologi Tbk tercatat paling rendah di antara emiten sektor teknologi yang masuk dalam Papan Pencatatan Utama Bursa Efek Indonesia (BEI).

Skor ESG Risk Ratings perusahaan dengan kapitalisasi pasar Rp 33,9 triliun per Senin (13/11/2023) ini adalah 14,9 alias low risk (risiko rendah).

Skor ini menjadikan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk sebagai satu-satunya emiten sektor teknologi dengan risiko rendah.

Sementara dua lainnya yakni PT Metrodata Electronics Tbk, dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk masuk dalam ESG Risk Ratings medium risk, masing-masing dengan 24,3 dan 27,9.

Baca juga: Mayoritas Emiten Energi Punya Tingkat Risiko ESG Tinggi, Siapa Paling Parah?

Untuk diketahui, terdapat sembilan emiten sektor teknologi yang tercatat di Papan Pencatatan Utama BEI. Dari sembilan ini, hanya tiga perusahaan yang memberikan laporan ESG. 

Peringkat ESG Risk Ratings menjadi penting ketika investor menganalisis potensi investasinya pada masa depan, dan oleh karena itu hal ini tidak boleh diabaikan oleh perusahaan.

Sebagian besar pemeringkatan ESG Risk Ratings, termasuk Morningstar Sustainalytics yang menjadi acuan Kompas.com, mengukur eksposur perusahaan terhadap risiko dan peluang terkait E=environment (lingkungan), S=social (sosial), dan G=governance (tata kelola).

Morningstar Sustainalytics, sebuah lembaga penelitian, pemeringkatan, dan analisis ESG yang telah berusia 30 tahun, menghitung skor risiko ESG berdasarkan dua pendekatan, yakni eksposur dan manajemen.

Pendekatan eksposur adalah bagaimana mereka melihat eskposur Perusahaan terhadap isu dan material spesifik risiko-risiko ESG pada suatu industri dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko-risiko tersebut sesuai model bisnisnya.

Baca juga: Risiko Bisnis BSDE Paling Rendah di Antara Emiten Properti

Sementara pendekatan manajemen mengacu pada seberapa baik suatu perusahaan mengelola isu-isu ESG yang relevan.

Skor manajemen Morningstar Sustainalytics menilai ketangguhan program, praktik, dan kebijakan ESG suatu perusahaan.

Berikut daftar lengkap tiga emiten sektor teknologi dengan skor ESG Risk Ratings rendah dan medium:

  1. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dengan skor 14,9/low risk
  2. PT Metrodata Electronics Tbk dengan skor 24,3/medium risk
  3. PT Solusi Sinergi Digital Tbk dengan skor 27,9/medium risk
Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com