Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 11:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Mayoritas skor risiko environment, social, and governance (ESG) emiten sektor barang baku di Bursa Efek Indonesia (BEI) berada di atas medium risk atau risiko menengah.

Temuan tersebut dilaporkan Morningstar Sustainalytics dalam laporannya "ESG Risk Ratings" yang dirilis baru-baru ini.

Dari 41 emiten sektor barang baku yang melantai di BEI, hanya ada 13 yang masuk laporan "ESG Risk Ratings".

Baca juga: BRI Pimpin Emiten Sektor Keuangan dengan Skor Risiko ESG Rendah

Dari 13 emiten itu, ada empat yang memiliki skor ESG severe (parah) dan empat emiten dengan skor ESG high risk (risiko tinggi).

Sisanya, empat emiten memiliki skor risiko ESG medium risk. Tidak ada emiten di sektor barang baku yang masuk kategori risiko negligible (tak berarti) dan low risk (risiko rendah).

ESG Risk Ratings dari Morningstar Sustainalytics memiliki lima kategori tingkat keparahan risiko ESG yang dapat berdampak pada nilai perusahaan suatu perusahaan.

Kelima kategori tingkat keparahan risiko dalam ESG Risk Ratings adalah negligible, low risk, medium risk, high risk, dan severe.

Negligible memiliki skor 0-10, low risk skornya 10-20, medium risk dengan skor 20-30, high risk skornya 30-40, dan severe dengan skor di atas 40.

Baca juga: Risiko ESG Emiten Teknologi Ini Paling Rendah, Cek Rinciannya

Semakin rendah skornya, semakin rendah risiko keparahan ESG dari emiten tersebut.

Dilansir dari situs webnya, ESG Risk Ratings mengukur paparan perusahaan terhadap risiko-risiko ESG yang bersifat material dan spesifik pada suatu industri dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko-risiko tersebut.

Pengukuran skor ESG tersebut menggabungkan konsep pengelolaan dan paparan untuk menghasilkan penilaian absolut terhadap risiko ESG.

Keempat emiten barang baku yang masuk medium risk adalah Barito Pacific (BRPT), Indah Kiat Pulp & Paper (INKP), Indocement Tunggal Prakarsa (INTP), dan Avia Avian (AVIA).

Avia Avian mendapatkan skor paling rendah dalam kategori medium risk di sektor bahan baku BEI yakni 25,8.

Baca juga: Dua Pengembang Ini Catat Tingkat Risiko ESG Terendah

Sementara itu, empat emiten yang masuk kategori high risk adalah Cemindo Gemilang (CMNT), Vale Indonesia (INCO), Merdeka Copper Gold (MDKA), dan Pabrik Kertas Tjiwi Kimia (TKIM).

Pabrik Kertas Tjiwi Kimia mendapatkan skor paling rendah dalam kategori medium risk ESG di emiten sektor bahan baku BEI yakni 30,4.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com