Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2024, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Neutura, perusahaan yang berfokus pada pengurangan emisi karbon, berhasil memproduksi biochar pertamanya di Medan, Sumatera Utara.

Biochar yang diperoleh dari hasil pembakaran tanpa oksigen dengan menggunakan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) ini merupakan solusi inovatif untuk pengelolaan limbah.

Apabila diaplikasikan ke dalam tanah, biochar bisa menyimpan karbon hasil penyerapan oleh tanaman sebelumnya selama lebih dari 100 tahun.

Pemilihan TKKS juga sesuai dengan penerapan standar biochar global karena sampah tersebut merupakan produk sampingan yang pada umumnya dibuang atau dibakar di pabrik kelapa sawit.

Biochar ini diproduksi tepat tiga bulan setelah Neutura mengumumkan pendanaan angel fund.

Baca juga: Neutura Raup Pendanaan Angel COP28 untuk 2 Proyek Penyerap Karbon

Dengan kapasitas 10 ton biomassa per bulan, proyek ini diklaim sebagai penghasil biochar terbesar di Indonesia dari fasilitas pengolahan minyak kelapa sawit yang ada saat ini.

Dalam menghasilkan biochar, Neutura menggandeng tenaga ahli dari Universitas Sumatera Utara (USU) dengan memanfaatkan TKKS, sebuah sumber daya yang melimpah namun kurang dimanfaatkan secara optimal dari industri kelapa sawit Indonesia.

TKKS merupakan salah satu aspek paling menarik dari produksi biochar yang sebelumnya dianggap sebagai limbah.

Dengan mengubah TKKS menjadi biochar yang berkualitas tinggi, Neutura mampu mengatasi permasalahan pengelolaan limbah industri kelapa sawit sekaligus mengurangi emisi metana, dan mencegah pembakaran limbah agrikultur.

Baca juga: IBC Rekomendasikan Pengembangan Pasar Karbon di Indonesia

Co-Founder Neutura Refi mengungkapkan, setelah mengunjungi dan mewawancarai puluhan pabrik dan kilang di seluruh Asia Tenggara, pihaknya mendapati bahwa TKKS ini merupakan limbah yang sangat menarik.

"Biasanya, limbah ini ditumpuk dalam tumpukan besar atau dibakar. Beberapa bahkan digunakan sebagai organic mulch di perkebunan, suatu metode yang dapat melepaskan emisi metana dan berpotensi untuk menjadi sarang bagi populasi serangga yang merugikan bagi pertumbuhan tanaman," tutur Refi.

Potensi Carbon Removal

Refi mengatakan, fasilitas produksi biochar berskala kecil ini telah memperoleh hasil yang setara dengan standar global.

"Kami telah mampu menghasilkan biochar dengan karakteristik dan kualitas yang setara dengan standar internasional yang berlaku saat ini. Salah satunya adalah Sertifikat Biochar Dunia (WBC). Dengan kandungan karbon organik lebih dari 70 persen dan rasio H:Corg di bawah 0,05," imbuh Refi.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa biochar dapat menyimpan hingga 2 ton CO2-eq dari atmosfer untuk setiap 1 ton biochar yang diproduksi.

Sehingga, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya mitigasi perubahan iklim global.

Baca juga: Sinarmas Land dan IABHI Gaungkan Bangunan Tanpa Emisi Karbon

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com