Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Ramadhan, Capaian Takwa dan Keberlanjutan Lebih Penting

Kompas.com - 15/04/2024, 15:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 MALANG, KOMPAS.com - Khatib Dr. H Tjahjo Suprajogo menyerukan umat Islam di Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, pentingnya menjaga capaian takwa dan keberlanjutan usai Ramadhan berakhir.

"Takwa bukan semata tujuan akhir, tetapi juga proses. Takwa tentu bukan selama kita beribadah Ramadhan saja, melainkan takwa itu harus dibawa sampai 11 bulan ke depan," ujar Tjaho. 

Tjahjo Suprajogo menyampaikan hal tersebut saat menjadi khatib dalam Shalat Idul Fitri di Lapangan Walet, Sukun, yang dihadiri sekitar 500 umat Islam yang bertempat tinggal di Kota Malang. 

Baca juga: Kurangi Sampah Lebaran, Akademisi Ajak Shalat Id Tanpa Koran

Menurutnya, hasil positif dari capaian takwa adalah bagaimana seseorang dapat terus meningkatkan keimanan dalam berbagai sisi kehidupan.

Misalnya dari segi kehidupan sosial, politik, hingga bermasyarakat. Adapun salah satunya adalah juga bagaimana takwa menginspirasi untuk peduli terhadap lingkungan.

"Takwa harus selalu ada di tengah-tengah masyarakat, agar tidak membiasakan membuang sampah sembarangan dan justru menjaga kebersihan lingkungan," imbuhnya.

Pentingnya keberlanjutan usai ramadhan

Oleh karena takwa kepada Allah, di tengah-tengah masyarakat tumbuh dan berkembang sikap kepedulian sosial, saling menjaga, saling bekerjasama, dan tolong-menolong.

Dengan adanya ketakwaan, akan terus meningkat sikap dan perilaku saling menghargai, menghormati, dan menjaga keharmonisan di masyarakat.

Baca juga:

Lebih lanjut, ia menyebut sikap dan kebiasaan yang sangat baik dari Ramadhan harus terus dilanjutkan hingga 11 bulan ke depan. Kebiasaan positif harus terus-menerus dijaga dan dipertahankan, bahkan lebih baik lagi ditingkatkan.

"Tanpa konsistensi dan kesinambungan, istiqomah, maka usaha keras dan pengorbanan selama Ramadhan menjadi sia-sia karena tidak terjadi revolusi mental yang sesungguhnya," tutur Tjahjo.

Lingkungan dan Hari Raya Idul Fitri

Sebagaimana diketahui, Hari Raya Idul Fitri bagi sebagian besar orang di Tanah Air menjadi momen keberlimpahan atas banyak hal, termasuk makanan dan rezeki lainnya. 

Kondisi seperti banyaknya makanan yang disajikan, tingginya mobilitas masyarakat, hingga hampers Lebaran berdampak pada potensi menumpuknya sampah selepas hari raya.

Di satu sisi, hal ini menjadi ironi tersendiri mengingat masih banyak masyarakat di wilayah tertentu di Indonesia yang mengalami kesulitan pangan dan akses.

Oleh sebab itu, masyarakat harus mulai membiasakan Lebaran sebagai momen untuk berbagi, sekaligus mengurangi kemubaziran pangan, dan meminimalisir sampah untuk menjaga lingkungan. 

Sebagai informasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sebelumnya memperkirakan saat periode mudik dan balik Lebaran 2024 terdapat potensi sampah meningkat hingga 58.000 ton.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com