Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Nusantara ke Milan, Kemenparekraf Usung 24 Jenama Kreatif Indonesia di "Salone del Mobile 2024"

Kompas.com - 19/04/2024, 09:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dunia desain dan furnitur kembali diramaikan dengan kehadiran 24 jenama kreatif Indonesia di "Salone del Mobile 2024", pameran bergengsi yang berlangsung di Milan, Italia pada 16-21 April 2024.

Keikutsertaan para jenama lokal ini tidak lepas dari dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), sebagai komitmen kuat pemerintah mendukung kemajuan industri kreatif Indonesia di kancah internasional.

Kemenparekraf telah mengkurasi dengan cermat 24 jenama kreatif unggulan yang siap memukau pengunjung pameran dengan produk-produk terbaik mereka.

Keikutsertaan di Salone del Mobile 2024 menjadi kesempatan emas bagi para jenama lokal untuk memperkenalkan karya-karya inovatif dan berkualitas tinggi kepada pasar global, membuka peluang baru untuk kolaborasi dan ekspansi bisnis.

Sesmenparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani dalam sambutan pembukaan Paviliun Indonesia (16/4/2024) mengungkapkan, "Salone del Mobile merupakan platform ideal bagi para jenama kreatif Indonesia untuk mempromosikan produk mereka kepada dunia."

"Kami optimis, partisipasi ini akan semakin memperkuat citra Indonesia sebagai negara yang kaya akan talenta kreatif dan produk-produk desain yang berkualitas," tambahnya.

Partisipasi Kemenparekraf pada pameran ini, lanjut Giri, diharapkan mampu memberikan peluang bisnis yang menjanjikan bagi sektor ekonomi kreatif Indonesia, khususnya subsektor kriya dan desain produk, serta mendorong produk ekonomi kreatif Indonesia semakin dikenal baik dunia internasional.

“Banyaknya buyers potensial yang hadir dapat menjadi kesempatan bagi jenama Indonesia untuk menjalin kesepakatan bisnis yang pada akhirnya meningkatkan kontribusi ekonomi kreatif Indonesia, terutama dari penerimaan devisa negara dari sisi ekspor,” kata Giri.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong Penerapan MICE dengan Lingkungan Berkelanjutan 

Giri melanjutkan, Kemenparekraf yakin bahwa jenama-jenama Indonesia mampu untuk bersaing dengan jenama lainnya yang berasal dari seluruh dunia pada Pameran Salone Del Mobile ini.

“Jenama ekonomi kreatif Indonesia memiliki kualitas yang disertai dengan nilai tambah dari kekayaan intelektual pada desain-desain yang terinspirasi dari kearifan lokal dan budaya yang ada di Indonesia,” kata Giri.

24 jenama kreatif Indonesia

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com