Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2024, 15:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Dekarbonisasi secara menyeluruh di kawasan Asia Tenggara mampu menciptakan peluang ekonomi yang besar di Asia Tenggara.

Menurut studi terbaru, ada 13 ide dekarbonisasi yang mampu menciptakan peluang pasar ekonomi hijau senilai 150 miliar dollar AS atau setara Rp 211 triliun di Asia Tenggara.

Studi tersebut dilakukan oleh perusahaan konsultan global Bain & Company berkolaborasi dengan GenZero, Standard Chartered Bank, dan Temasek.

Baca juga: Pemerintah Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Nikel

Ke-13 ide dekarbonisasi tersebut tersebar di empat sektor yaitu alam dan pertanian, ketenagalistrikan, transportasi, dan bangunan.

Head of Investments GenZero Kimberly Tan mengatakan, Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan yang paling rentan terhadap perubahan iklim.

"Kawasan ini mengalami peningkatan emisi gas rumah kaca (GRK) yang signifikan yang didorong oleh pembangunan ekonomi," kata Kimberly dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (22/4/2024).

Pada 2023, investasi iklim di kawasan ini mencapai 6,3 miliar dollar AS atau naik sekitar 20 persen dibandingkan 2022.

Baca juga: Ternyata, Dekarbonisasi Industri di Indonesia Belum Beranjak Jauh

Akan tetapi, capaian investasi tersebut masuih jauh dari kebutuhan sebesar 1,5 triliun dollar AS ntuk mencapai target penurunan emisi pada 2030.

Di sisi lain, Asia Tenggara juga harus bersaing dengan wilayah-wilayah lain di dunia dalam mengambil peluang investasi iklim.

Tan menyampaikan, ada beberapa strategi yang perlu dilakukan agar Asia Tenggara memiliki posisi yang lebih baik untuk menarik investasi dari sektor swasta dan mempercepat upaya transisi.

"Menyusun roadmap dekarbonisasi melalui kerangka kebijakan yang jelas, peraturan yang mendukung, dan rencana pendanaan yang konkret," jelas Tan.

Baca juga: 5 Subsektor Ini Jadi Kunci Dekarbonisasi Industri di RI

Menurut studi tersebut, ke-13 ide dekarbonisasi yang mampu menciptakan peluang pasar ekonomi hijau senilai 150 miliar dollar AS yakni:

  • Sektor alam dan pertanian:

Pertanian regeneratif, pertanian presisi, konservari hutan dan lahan gambut, serta teknik manajemen air pertanian.

  • Ketenagalistrikan:

Pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB), pelatihan dan pengembangan infrastruktur, pemasangan PLTS untuk kebutuhan individuatau perusahaan, serta kontrak jual beli energi listrik ramah lingkungan.

  • Transportasi:

Kendaraan listrik, infrastruktur pengecasan, dan limbah pertanian untuk produksi biofuel.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com