Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2024, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong, Sulawesi Utara, secara konsisten memberikan kontribusi positif dalam pemberdayaan sosial, lingkungan, maupun ekonomi di wilayahnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pun memberikan apreasi kepada PGEA Area Lahendong berupa penghargaan Proper Emas 2023 untuk Program Inovasi Sosial ‘Mapalus Tumompaso.’

General Manager PGE Area Lahendong Novi Purwono mengutarakan rasa bangga dan berterima kasih terutama pada semua karyawan PGE Area Lahendong atas kerja keras dan kontribusi terhadap capaian ini.

Baca juga: Pertamina Raih Skor Baik dalam Mitigasi Iklim dan Ketahanan Air

Ia menegaskan, capaian PROPER Emas bukan merupakan tujuan utama, melainkan bentuk kepedulian PGE Area Lahendong terhadap lingkungan dan masyarakat, yang harus diupayakan berbagai pihak.

“Capaian Proper Emas ini adalah bonus dari upaya nyata dan konsistensi PGE Area Lahendong dalam menjaga keseimbangan operasional perusahaan dengan lingkungan dan kehidupan masyarakat,” ujar Novi, Sabtu (11/5/2024).

Mapalus Tumompaso merupakan program pengembangan ekosistem ekonomi sirkular yang bertujuan mengoptimalkan potensi masyarakat di dekat wilayah kerja PGE Area Lahendong di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Program ini ditujukan untuk menjawab tantangan lokal, termasuk bagaimana mengoptimalkan potensi kemampuan masyarakat yang tidak tersalurkan, utilisasi produk samping sumber daya panas bumi, serta potensi kolaborasi antar-UMKM sekitar.

Baca juga: Pertamina Dorong Kolaborasi demi Keberlanjutan

Novi menuturkan, PGE Area Lahendong selama ini konsisten untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat maupun lingkungan.

Perusahaan juga turut menginisiasi berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, peningkatan kapasitas, dan pemeliharaan serta pengembangan infrastruktur di area kerjanya.

PGE Area Lahendong merupakan satu-satunya perusahaan di provinsi Sulawesi Utara yang meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Proper Emas adalah pengakuan tertinggi bagi perusahaan yang melampaui standar pengelolaan lingkungan dan secara konsisten berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial secara berkelanjutan.

Tentu saja prestasi ini sejalan dengan Zero Accident Award yang diterima oleh PGE Area Lahendong atas kinerja excellent jam kerja selamat hingga tahun 2023 yang mencapai 14.488.476 jam.

Sertifikan Proper Emas diserahkan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Asisten III, DR Fransiskus Manumpil, kepada General Manager PGE Area Lahendong, Novi Purwono.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com