Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktif Promosikan Sanitasi, Pemuda Asal Lampung Sabet Penghargaan Internasional

Kompas.com - 25/05/2024, 09:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Koordinator Youth Sanitation Concern (YSC) Iffah Rachmi menerima penghargaan Kyoto World Water Grand Prize 2024 yang diselenggarakan oleh Japan Water Forum bekerja sama dengan Kota Kyoto dan Dewan Air Dunia.

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara penutupan atau closing ceremony World Water Forum ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Jumat (24/5/2024).

Iffah mendirikan YSC di Lampung sejak 2018. Organisasi tersebut secara aktif mempromosikan isu-isu sanitasi, cuci tangan pakai sabun, dan pemeliharaan fasilitas sanitasi.

Baca juga: Akselerasi SDGs, World Water Forum Sepakati Komitmen Baru Pengelolaan Wilayah Sungai

YSC menghadirkan sanitasi dengan cara yang kreatif untuk menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi muda, sebagaimana dilansir dari siaran pers Tim Komunikasi dan Media World Water Forum ke-10

"Inisiatif ini menjadi langkah awal bagi kami untuk terus berupaya sehingga sanitasi air menjadi arus utama dalam kehidupan masyarakat," kata Iffah ketika menerima penghargaan.

Kyoto World Water Grand Prize merupakan penghargaan kepada organisasi-organisasi akar rumput yang memberikan kontribusi signifikan dalam memecahkan masalah air di negara-negara berkembang. Lembaga ini memberikan hadiah sebesar 2 juta yen.

"Penghargaan ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus menjadi bukti bahwa generasi muda dapat berkontribusi untuk mengubah kebiasaan di masyarakat. Kita harus lebih percaya dan memberikan kepercayaan kepada generasi muda," kata Iffah.

Baca juga: World Water Forum ke-10 Inisiasi Pusat Keunggulan Ketahanan Air dan Iklim di Asia Pasifik

Closing ceremony tersebut sekaligus menandai berakhirnya World Water Forum ke-10 di Nusa Dua Bali.

Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10 menyerahkan tonggak penyelenggaraan World Water Forum ke-11 kepada Arab Saudi.

World Water Forum ke-10 merupakan rangkaian acara yang telah dimulai sejak dua tahun lalu, dimulai dari Acara National Stakeholder Forum sampai dengan Puncak Acara World Water Forum 10 yang dilaksanakan di Bali, 18-25 Mei 2024.

Acara puncak di Bali dihadiri oleh 19.686 peserta dari 160 negara. Pengunjung expo and fair pada 20-24 Mei 2024 sebanyak 23.718 orang, termasuk peserta.

Baca juga: Indonesia Serukan Penyelamatan Danau di World Water Forum ke-10

Total kehadiran peserta dan pengunjung selama lima hari pada 20-24 Mei 2024 yaitu sekitar 64.000 orang. Selanjutnya, World Water Forum ke-11 akan digelar di Arab Saudi pada 2027.

Selama sepekan, World Water Forum ke-10 ini telah mempertemukan seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan air mulai dari pemerintah, anggota parlemen, organisasi internasional, LSM, hingga sektor swasta, dan generasi muda.

Forum air terakbar di dunia tersebut telah mendorong solidaritas dan inklusi antarnegara dan pemangku kepentingan, memberdayakan hidro-diplomasi untuk kolaborasi yang inovatif dan konkret, serta memperkuat kepemimpinan dan komitmen politik.

Baca juga: Hadir di World Water Forum 2024, Vinilon Group Komitmen Dukung Ketersediaan Air Bersih Berkelanjutan

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com