Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APP Group Raih "Best Companies to Work" dan "Sustainability Workplace Awards 2024" HR Asia

Kompas.com - 01/06/2024, 16:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – APP Group menunjukkan komitmen dalam menciptakan lingkungan kerja unggul dan praktik HR luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan HR Asia dalam dua kategori utama, yaitu Best Companies to Work 2024 dan Sustainability Workplace Awards 2024.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi APP Group dalam membangun tempat kerja yang inklusif, inovatif, dan berkelanjutan.

"Kami sangat bangga menerima penghargaan ini," ujar Managing Director APP Group Suhendra Wiriadinata (1/6/2024). "Ini merupakan bukti nyata dari upaya kami dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dan terus berinovasi dalam praktik HR kami."

Suhendra menjelaskan, partisipasi APP Group dalam acara penghargaan HR Asia merupakan bagian dari inisiatif HR untuk meningkatkan Employee Value Proposition dan Branding.

"Penghargaan ini menyoroti upaya kami dalam menciptakan tempat kerja yang nyaman, budaya yang positif, dan praktik HR yang teladan," tambahnya.

Pencapaian ini menjadi motivasi bagi APP Group untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan kerja dan praktik HR demi menciptakan pengalaman terbaik bagi karyawannya.

"Kami berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi karyawan dan stakeholders lainnya," pungkas Suhendra.

Pada tahun 2023, APP Group menyelenggarakan berbagai program HR untuk meningkatkan kesejahteraan dan keterlibatan karyawan.

Inisiatif ini mencakup tujuh seri webinar budaya, sesi berbagi untuk trainee manajemen, dan kampanye profil duta budaya dengan partisipasi lebih dari 99 persen sejak 2021. Program kesejahteraan meliputi cek kesehatan mental, webinar inspiratif untuk perempuan, dan kompetisi kesehatan.

APP Group juga menunjukkan komitmen kuat terhadap implementasi DEI (Diversity, Equity, and Inclusion) di lingkungan kerja.

Beberapa inisiatif DEI yang dilakukan antara lain webinar inspiratif untuk perempuan, kontes foto dan video, serta penyediaan fasilitas pendukung seperti ruang laktasi dan parkir khusus ibu hamil.

Selain itu, APP Group juga menyelenggarakan kegiatan program kesehatan untuk pencegahan dini kanker serviks.

Inisiatif-inisiatif yang dilakukan oleh APP Group memberikan dampak positif baik terhadap bisnis maupun karyawan.

Dalam periode lima tahun terakhir, rata-rata turnover staf menurun dari tujuh persen menjadi empat persen, volume produksi meningkat rata-rata sebesar tiga persen per tahun, dan biaya tenaga kerja berkurang sebesar 5 persen melalui otomatisasi dan digitalisasi.

Selain itu, tingkat kepuasan karyawan terhadap program kesejahteraan mencapai 95 persen berdasarkan survei dengan skor 3.83 dari 4.

Baca juga: Jaksel Peringkat Ke-2 Kota dengan SDM Paling Maju, Wali Kota: Ini Keberhasilan Warga

Untuk tahun 2024 dan 2025, APP Group telah merencanakan berbagai strategi HR untuk pertumbuhan berkelanjutan dan ketahanan.

Beberapa rencana tersebut meliputi peningkatan teknologi, proses, dan pengembangan sumber daya manusia, membangun budaya perusahaan kuat untuk mendorong inklusi dan lingkungan kerja menarik, serta menawarkan pengaturan kerja fleksibel dan mencari umpan balik untuk meningkatkan kebijakan perusahaan.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com