Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2024, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dindin Komarudin, atau akrab disapa Abad Didin, menerima penghargaan Kalpataru 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Abah Dindin meraih kategori Pembina Lingkungan Kalpataru 2024 atas dedikasinya dalam pelestarian lingkungan.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Pria asal Bandung ini merupakan sosok inspiratif di balik dedikasinya terhadap pelestarian lingkungan.

Kiprahnya dalam membina anak jalanan, kelompok marjinal, dan penyandang disabilitas untuk melakukan pemilahan sampah, pembuatan kreasi daur ulang, budidaya maggot, dan teknik pengolahan sampah lainnya, telah diakui secara nasional.

Baca juga: Sedekah Hutan UI Dorong Pelestarian Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal

Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen Abah Dindin dalam melestarikan lingkungan dan memberdayakan masyarakat.

Sejak tahun 2000-an, Abah Dindin telah aktif mendirikan Yayasan Kumala (Kreatif Usaha Mandiri Alami) dan Bank Sampah Kumala.

Upaya ini kemudian berkembang menjadi Bank Sampah Induk Kumala dan membina lebih dari 34 Bank Sampah Unit (BSU) yang berpusat di wilayah Koja, Tanjung Priok, dan Cilincing, Jakarta Utara.

Upaya Abah Didin tak hanya mengangkat lingkungan namun berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8 dan 9 yakni Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta infrastruktur, juga mewujudkan poin 10 dan 12 dalam mengurangi kesenjangan serta menerapkan konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Tak hanya di Jakarta, kontribusi Abah Dindin dalam berbagi ilmu dan pengalamannya juga dirasakan di berbagai wilayah Indonesia.

Dia membina dan mendampingi anak jalanan serta melahirkan 25 orang trainer eks anak jalanan untuk membantunya dalam pelatihan. Hingga kini, Abah Dindin telah membina 12.768 orang dari seluruh Indonesia.

Baca juga: 6 Kabar Baik soal Lingkungan Sepanjang Mei

Dedikasi Dindin tak luput dari perhatian Pertamina Hulu Energy Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Sebagai mitra binaan, PHE ONWJ turut bangga atas pencapaian Abah Dindin dan komitmennya dalam pelestarian lingkungan.

Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ Ery Ridwan menuturkan, penghargaan Kalpataru 2024 ini menjadi pengingat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Sosok Dindin Komarudin dengan dedikasinya yang luar biasa, menjadi teladan untuk terus berkontribusi dalam menjaga bumi untuk generasi mendatang.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com