Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2024, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui Bakti BCA merevitalisasi Kebun Kopi Cikoneng di Desa Tugu Utara, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Revitalisasi kebun kopi seluas 10 hektar ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas Kebun Kopi Cikoneng yang mengalami penurunan dibandingkan tahun 2023.

"Terjadi penurunan produktivitas dari sekitar 680 kilogram separuhnya terpangkas di 2024 dibandingkan 2023," kata EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn dalam Kick-Off Revitalisasi Kebun Kopi Cikoneng langsung di Kebun Kopi Cikoneng, Senin (10/6/2024).

Melalui program ini, BCA bekerja sama dengan Yayasan Kopi Nasional (YKN) dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor.

Pembinaan, penyuluhan, serta bantuan sarana-prasarana kepada Kelompok Tani Cikoneng Lestari dan Kelompok Tani Lestari Maju Bersama dengan masing-masing luas lahan yang dikelola sebesar 5 hektar.

Bakti BCA memberikan bantuan alat dan kebutuhan untuk bertani yakni 40 ton pupuk padat, 120 liter pupuk cair tanah, 1.440 liter pupuk cair daun, 20 buah gunting pangkas, 2 buah alat potong rumput, dan 2 buah sprayer.

Baca juga: Java Kirana Ajak Petani Jaga Lingkungan Lewat Budidaya Tumpangsari

Ditargetkan, produksi biji kopi per hektar dan pendapatan petani Kebun Kopi Cikoneng diperkirakan dapat meningkat lebih dari 120 persen pada 2025.

"Mungkin kali ini masih 10 hektar dulu, kita juga masih baru, mudah-mudahan ketika nanti ini bisa di copy paste, melihat evaluasinya baik dan sangat bermanfaat, mungkin kita bisa perluas," tandas Hera.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com