Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Perlu Malu, Jalan-jalan Sendirian Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 24/08/2023, 12:18 WIB
Agis Maulana,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Melakukan kegiatan tanpa pendampingan teman, seperti jalan-jalan ke taman atau mal, keliling kota, makan di restoran, dan menonton bioskop memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman.

Selain takut dianggap tidak punya teman, menjalani kegiatan-kegiatan tersebut sendirian memang agak janggal untuk dilakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan penilaian tersebut dan sebaiknya menormalisasi jalan-jalan dan berkegiatan sendirian di waktu-waktu tertentu.

Pasalnya, menyediakan waktu untuk jalan-jalan atau berkegiatan sendirian ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mental. Anda bisa menikmati waktu sebaik-baiknya dan menjadi lebih bahagia.

Sebuah studi yang dikutip dari Washington Post mengatakan bahwa menikmati waktu dengan jalan-jalan atau berkegiatan sendirian bisa membuat orang lebih bahagia. Alasannya, dengan melakukan kegiatan sendirian, seseorang bisa lebih mempunyai banyak waktu untuk menjelajahi hal baru dan bebas untuk bepergian ke tempat yang disukai.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Tidak hanya itu, berjalan sendirian juga ternyata memiliki manfaat lain untuk menjaga kesehatan mental kita. Masih mengutip dari Washington Post, berikut adalah manfaat tersebut.

1. Mengurangi stres dan kecemasan
Menghabiskan waktu sendirian memberi kesempatan bagi seseorang untuk menepi sejenak dari ingar bingar interaksi sosial sehari-hari. Dengan demikian, seseorang memiliki waktu untuk merenung, mengisi ulang energi, dan menyeimbangkan kembali emosi. Dengan demikian, stres dan kecemasan bisa sedikit terangkat dari pikiran. Seseorang juga bisa sejenak melupakan keseharian yang sibuk.

2. Mendorong kreativitas
Kreativitas dapat muncul ketika seseorang fokus pada hal tertentu. Dengan memiliki waktu sendiri, seseorang mendapat ruang lebih untuk berimajinasi dan menemukan inovasi kreatif tanpa adanya gangguan dari orang di sekitar.

3. Membuat Anda lebih mengenal diri sendiri
Ketika berjalan bersama teman atau saudara, sering kali waktu banyak dihabiskan untuk membicarakan hal-hal yang umum. Padahal, jika seseorang mempunyai waktu sendirian, ia dapat melakukan aktivitas yang lebih pribadi, seperti refleksi dan evaluasi diri agar bisa lebih mengenal pribadinya.

Baca juga: 7 Manfaat Traveling untuk Kesehatan Mental

Bedakan antara kesepian dan solitude

Walaupun memiliki banyak manfaat, masih banyak orang yang enggan untuk beraktivitas seorang diri karena takut dianggap kesepian. Profesor di bidang marketing dari Robert H. Smith School of Business, Ratner, mengatakan, kebanyakan orang takut dianggap kesepian atau aneh.

“Alasan orang enggan pergi sendirian karena khawatir dengan apa yang dipikirkan orang lain”, ujar Ratner dikutip dari Washington Post.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tahu bahwa kesendirian tidak selalu bermakna negatif seperti kesepian atau loneliness. Memilih untuk melakukan aktivitas sendirian secara sadar untuk menikmati waktu tanpa tekanan sosial bukanlah loneliness, melainkan solitude. Jadi, jangan merasa malu atau tidak nyaman menjalani aktivitas sendirian apabila itu adalah sebuah kegiatan yang Anda pilih secara sadar.

Bagi Anda yang ingin mencoba menjalani aktivitas sendirian tetapi masih malu atau tidak nyaman untuk melakukannya, berikut 3 tip yang dapat diikuti.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga dan Latihan Fisik bagi Kesehatan Mental

1. Mulailah dari langkah kecil
Anda bisa mulai dari melakukan aktivitas kecil seperti jalan-jalan ke taman atau menonton film ke bioskop sendirian. Setelah itu, Anda bisa tingkatkan kepada aktivitas yang lebih besar. Misalnya saja, solo travelling.

2. Mulai dengan melakukan aktivitas yang disukai
Dengan memilih aktivitas yang disukai dan familiar, Anda dapat merasa lebih nyaman. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa canggung melakukan aktivitas tersebut.

3. Ingat bahwa punya waktu sendiri itu penting
Anda harus mengingat bahwa memiliki waktu untuk beraktivitas itu penting. Terkadang, interaksi sosial yang intens membuat pikiran lelah. Oleh sebab itu, Anda perlu sesekali menghabiskan waktu sendirian demi menjaga kesehatan pikiran dan mental.

Bagaimana, ingin mencoba meluangkan waktu untuk beraktivitas sendirian? Anda sebaiknya menyediakan waktu yang tepat dengan mengambil cuti atau mengosongkan jadwal di akhir pekan. Kemudian, jangan lupa rencanakan kegiatan yang ingin dilakukan dan ikuti tip di atas.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com