Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HK Peduli, Upaya Hutama Karya Bangun Infrastruktur Pendidikan dan Desa

Kompas.com - 28/06/2023, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) kembali melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dengan tajuk “HK Peduli Pendidikan” dan “Infrastruktur Masuk Desa”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (6/6/2023) dan Senin (26/6/2023) di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Tjahjo Purnomo mengatakan, program yang diinisiasi ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan dan infrastruktur desa di sekitar lingkungan bisnis dan operasional perusahaan.

Baca juga: Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan dalam KTT ASEAN

“Melalui program ini, Hutama Karya membangun infrastruktur pendidikan dan infrastruktur desa senilai Rp 610 juta kepada 13 Sekretariat RT/RW dan Yayasan Pendidikan. Adapun fasilitas pendidikan yang diberikan diantaranya berupa perangkat komputer, laptop, proyektor, sound system, CCTV, dan printer,” ujar Tjahjo.

Pemilihan wilayah penyaluran bantuan yang dilakukan perusahaan dikarenakan dari kedua wilayah tersebut masih terdapat banyak Sekretariat RT/RW dan Yayasan Pendidikan yang membutuhkan sarana prasarana umum dan sarana pendidikan yang memadai serta mampu menunjang berbagai aktivitas sosial masyarakat dan belajar dan mengajar yang nyaman.

Selain itu juga, lokasi penerima bantuan tersebut memiliki jarak yang cukup berdekatan dengan wilayah bisnis perusahaan yakni Kantor Pusat Hutama Karya, Jakarta.

“Melalui kegiatan ini, semoga nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, kami juga berharap bantuan ini dapat dirawat sebaik-baiknya sehingga dapat bermanfaat secara berkelanjutan,” jelas Tjahjo.

Baca juga: Hutama Karya Gelar Aksi Bersih-bersih, Libatkan Pekerja PLTU 9-10

Sementara itu, Emir sebagai salah satu perwakilan penerima bantuan sarpra umum dari RW.01 Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat mengungkapkan apresiasi atas bantuan yang telah diamanahkan untuk wilayahnya.

Selaku penerima bantuan sarana prasarana umum, Emir sangat berterima kasih kepada Kementerian BUMN dan Hutama Karya atas kepedulian dan perhatian yang telah diberikan.

Seluruh bantuan yang diberikan tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan berbagai aktivitas sosial masyarakat di sekitar lingkungan.

"Semoga kedepannya Hutama Karya dapat terus berkarya dan mengemban tugas pemerintah lebih baik. Terima kasih Hutama Karya dan BUMN!,” ujar Emir.

Sebagai catatan selama tahun 2023, Hutama Karya telah berperan aktif dalam menyalurkan berbagai bantuan sosial dan pendidikan di beberapa daerah dan wilayah di Indonesia.

Baca juga: Dukung Pendidikan Berkualitas, HK Sumbang Rp 10 Juta buat Mahasiswa IPB

Hal ini sebagai salah satu wujud dukungan dan implementasi program TJSL Hutama Karya untuk terus menghubungkan kebaikan di seluruh pelosok wilayah di Indonesia.

Seluruh rangkaian kegiatan penyaluran bantuan sarana prasarana umum dan sarana pendidikan yang telah dilakukan oleh Hutama Karya ini telah sesuai dengan ISO:26000 yakni standar internasional yang memberikan pedoman untuk tanggung jawab sosial dalam perusahaan.

Sekaligus memenuhi Sustainable Development Goal (SDGs) Pilar Pembangunan Lingkungan Nomor 04 tentang Pendidikan Berkualitas serta Nomor 11 tentang Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com