Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2023, 19:37 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Super Sistem Data (Super Sistem) mendapatkan hibah dari Badan Perdagangan dan Pengembangan Amerika Serikat (USTDA), Selasa (11/7/2023).

Hibah itu akan digunakan Super Sistem untuk melakukan studi kelayakan terkait pembangunan sistem kabel serat optik bawah laut domestik yang akan meningkatkan kapasitas internet pita lebar (broadband) di daerah terpencil dan tertinggal di Indonesia.

Super Sistem memilih perusahaan konsultan telekomunikasi global berbasis di Florida, Amerika Serikat, APTelecom, untuk melaksanakan studi tersebut.

Sebagai informasi, sistem kabel serat optik bawah laut yang dimaksud adalah Barat Timur Indonesia (BTI). Sistem ini akan menghubungkan Batam, Jakarta, dan Manado, mencakup tujuh stasiun pendaratan, serta memiliki panjang gabungan lebih dari 4.700 kilometer.

“Kemitraan kami dengan Super Sistem akan mendorong salah satu tujuan utama pembangunan ekonomi dan konektivitas di Indonesia. Hal ini pun merupakan prioritas bagi USTDA di Indonesia dan negara-negara mitra lainnya di seluruh dunia,” ujar Direktur USTDA Enoh T Ebong dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Untuk diketahui, USTDA adalah Badan Pemerintah AS yang bertujuan untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan di negara-negara berkembang dengan memberikan bantuan teknis, hibah, pinjaman, atau jaminan.

Sementara, Super Sistem merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan internet terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta pelanggan di seluruh negeri. Produk dan layanan digital yang ditawarkan, antara lain internet rumah, internet korporat, cloud computing, data center, dan internet of things (IoT).

Super Sistem juga memiliki jaringan kabel bawah laut internasional yang menghubungkan Indonesia dengan Singapura, Malaysia, Hong Kong, Jepang, Australia, dan AS.

Pejabat Eksekutif Utama Super Sistem Kelvan Firman menuturkan, proyek kabel BTI lebih dari sekadar upaya memperluas jaringan yang sudah ada. Ini merupakan lompatan maju yang signifikan dalam hal kapasitas, keandalan, dan jangkauan.

Ia menambahkan, dengan menerapkan teknologi mutakhir dari pemasok tepercaya, Super Sistem mendobrak batasan dalam ranah komunikasi bawah laut.

Perlu diketahui, APTelecom memiliki pengalaman dalam bidang kabel bawah laut, pemasaran kapasitas kabel, penjualan lisensi kabel, manajemen proyek kabel, dan layanan penasehat strategis. Selain di AS, perusahaan ini telah mempunyai kantor di Hong Kong, Singapura, dan Australia, serta mitra di berbagai negara lainnya.

Pejabat Eksekutif Utama APTelecom Eric Handa mengaku senang dilibatkan dalam inisiatif penting di salah satu pasar telekomunikasi dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

"Permintaan data terus meningkat, apalagi di Indonesia. Banyak operator terkemuka dunia, layanan media over-the-top, dan pemain jaringan pengiriman konten mencari cara lebih baik untuk melayani pasar Indonesia. Super Sistem hadir sebagai pilihan logis untuk kebutuhan konektivitas," ujar Eric.

Mendorong pertumbuhan ekonomi

Dukungan USTDA terhadap proyek kabel bawah laut juga dapat mendukung misi Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global (Partnership for Global Infrastructure and Investment/PGII) dan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework/IPEF).

Kedua inisiatif itu berujung pada pengembangan, perluasan, dan penerapan infrastruktur digital yang aman. Tujuannya, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memfasilitasi masyarakat digital yang terbuka.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com