Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korporat Raksasa Dunia Berkolaborasi Percepat Transisi Energi Bersih

Kompas.com - 22/07/2023, 22:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Sederet nama besar, raksasa teknologi, otomotif, ritel, dan investasi real estat sepakat bergabung dalam kerangka kerja kolaboratif bersama Rocky Mountain Institute (RMI) untuk mempercepat transisi energi listrik nol emisi yang andal dan terjangkau.

Mereka adalah Akamai Technologies, General Motors, Meta, Prologis, Salesforce, Walmart, dan perusahaan besar lainnya, menginisiasi upaya Zero Emissions, Reliability Optimized Grid Initiative (ZEROgrid).

Upaya yang diluncurkan tanggal 18 Juli 2023 ini. dimaksudkan untuk memaksimalkan keandalan jaringan dan pengurangan emisi dengan memungkinkan tindakan korporat yang berdampak tinggi pada keberlanjutan di seluruh pengadaan, kebijakan, investasi, roset dan pengembangan, serta operasionalisasi dengan energi bersih.

Baca juga: Koalisi Transisi Bersih Sebut Industri Sawit Rentan Jadi Ruang Korupsi

CEO RMI Jon Creyts menuturkan, untuk mempercepat dekarbonisasi listrik dengan fokus dan insentif, korporasi harus berkembang melampaui aktivitas tradisional dalam membeli energi terbarukan.

“Bisnis dapat memainkan peran penting melalui kerja sama strategis dengan operator jaringan dan pembuat kebijakan untuk mendorong dekarbonisasi yang mendalam, sekaligus meningkatkan keandalan dan keterjangkauan listrik untuk semua," ujar Creyts.

ZEROgrid mengikuti jalur upaya kelembagaan yang sukses di ruang sektor listrik yang sebelumnya diinkubasi oleh RMI, termasuk Clean Energy Buyers Association (CEBA), Energy Web Foundation, dan Virtual Power Plant Partnership (VP3) yang baru diluncurkan.

Baca juga: Aspek Lingkungan Dikalahkan Aspek Ekonomi dalam Transisi Energi Indonesia

Menurut Creyts, sektor swasta telah menjadi pendorong penting peningkatan energi bersih di jaringan listrik. Sejak tahun 2008, pembelian energi terbarukan oleh perusahaan telah membantu menghadirkan 148 gigawatt kapasitas energi baru terbarukan secara global, atau lebih dari total kapasitas pembangkit listrik Perancis.

Seperempat dari pembelian tersebut terjadi hanya pada tahun 2022. Hal ini menandakan bahwa aksi korporasi di ruang energi bersih semakin cepat.

Saat ini, metrik keberlanjutan berfokus pada volume tahunan, yang diukur dalam jam megawatt, dari pembelian energi bersih.

Saat ini, ada peluang untuk meningkatkan dampak dan memungkinkan keterlibatan iklim perusahaan lebih lanjut dengan mengukur secara lebih tepat manfaat emisi dari pembelian energi bersih dan mendorong tindakan korporasi di luar pengadaan saja.

Baca juga: Percepat Transisi Energi Perlu Kerja Sama Semua Pihak

Memberi insentif investasi perusahaan dalam rangkaian kegiatan dekarbonisasi jaringan yang lebih lengkap ini, yang diinformasikan oleh metrik yang lebih baik, adalah fokus dan peluang utama ZEROgrid.

Inisiatif ini akan dimulai dengan mengembangkan kerangka holistik yang melibatkan metrik yang ditargetkan dan keterlibatan langsung dengan operator jaringan.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com