Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.comPembangkit listrik tenaga surya (PLTS) adalah teknologi yang mengubah energi matahari menjadi listrik.

Popularitas PLTS atau panel surya semakin meningkat belakangan ini.  Ada beberapa industri yang sudah memasang PLTS di gedung atau kantornya masing-masing.

Sektor rumah tangga juga tak kalah dalam mengadopsi PLTS. Biasanya, pemasangan PLTS dilakukan di atap untuk memaksimalkan serapan matahari, sehingga jamak disebut PLTS atap.

Baca juga: Potensi Besar, ASEAN Didorong Perkuat Kerja Sama Kembangkan PLTS

Selain dapat menghemat tagihan listrik, pemasangan PLTS turut membantu menekan emisi gas rumah kaca (GRK) karena energi yang dihasilkan tidak menghasilkan polusi.

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, biaya pemasangan PLTS berkisar antara 14 juta hingga 17 juta per kilowatt peak (kWp) tergantung jenis dan kualitasnya.

Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk baterai bila menggunakan sistem off-grid alias tidak tersambung jaringan listrik PLN.

Pemasangan PLTS atap memang optimal dalam menyerap matahari.

Baca juga: Komitmen Keberlanjutan, Danone Pasang PLTS Atap di Pabrik Klaten

Akan tetapi, bagi beberapa orang ada perasaan waswas bila panel surya yang sudah terpasang tiba-tiba dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, mengingat investasi yang dikeluarkan tidaklah murah.

Apabila PLTS berhasil dicuri, niat awal untuk berinvestasi ke energi bersih dan menghemat tagihan listrik malah menjadi petaka yang merugikan bagi pemasangnya.

Oleh karenanya, butuh pengamanan ekstra agar potensi pencurian bisa diminimalisasi. Dilansir dari Conserve Energy Future, berikut lima upaya untuk mengamankan PLTS atap.

Baca juga: PLTS Tambak Garam Terbesar di Dunia Resmi Beroperasi, Luas Setara 1.868 Lapangan Sepak Bola

1. Pakai gembok khusus

Gembok khusus PLTS adalah cara yang cukup hemat untuk melindungi panel surya. Gembok ini berupa kawat aluminium dan pengunci yang sulit dibobol.

Ada banyak pilihan gembok PLTS di pasaran. Bila ragu-ragu dalam memilih, bisa berkonsultasi dengan teknisi untuk memilih jenis yang pas.

2. Lampu sensor gerak

Ilustrasi PLTS KOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Ilustrasi PLTS

Lampu sensor gerak dapat menyala walau ada gerakan sekecil apa pun. Dengan memasang lampu sensor gerak di dekat PLTS, bila ada pencuri yang mendekat langsung dapat terdeteksi.

Dan karena sebagian besar pencuri berusaha mencuri PLTS dalam kegelapan, ini adalah cara yang bagus untuk mencegah mereka.

Baca juga: Apakah PLTS Menghasilkan Limbah?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com