Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Stunting, Ketua Bhayangkari Sulbar Fokus Pangan Olahan Kebutuhan Medis

Kompas.com - 08/08/2023, 21:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peduli dengan persoalan stunting di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Ketua Bhayangkari Polda Sulbar Miranti Adang terus melancarkan inovasi kreatif untuk menekan angka stunting melalui upaya penekanan pada intervensi spesifik.

Salah satu upaya atau inovasi yang mulai fokus dilakukan adalah memaksimalkan pangan olahan kebutuhan medis.

Sebagaimana diketahui, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Baca juga: Serius Tangani TPPO, Kapolda Sulbar Resmikan Rumah Perlindungan Ibu dan Anak

Cirinya bisa dilihat pada kondisi fisik anak, panjang atau tinggi badan menurut umurnya lebih rendah dari standar nasional. Ditambah lagi tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.

"Untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan pada anak di Sulbar, pemberian pangan olahan kebutuhan medis khusus akan menjadi prioritas kami sebagai sala satu solusi yang efektif untuk penanganan stunting," ujar Miranti, dalam rilis pers, Selasa (8/8/2023).

Dia memastikan, ke depan akan memaksimalkan pemberdayaan pemberian pangan olahan untuk kebutuhan medis khusus dengan menggandeng sektor kesehatan.

Miranti pun meminta seluruh Bhayangkari untuk aktif pada penanggulangan stunting melalui pasokan gizi kepada anak-anak dan balita atau pemanfaatan pangan olahan untuk kebutuhan medis khusus.

Baca juga: Pencegahan Stunting Penting Capai Visi Indonesia Emas 2045

Menurutnya, tanpa memaksimalkan pangan olahan untuk kebutuhan medis khusus, mustahil 1.000 hari pertama kehidupan anak dapat diselamatkan dari bencana stunting.

"Sebagai bentuk keseriusan bersama menangani stunting di Sulbar, misi kami bersama adalah berkomitmen sebagai promotor untuk mewujudkan generasi berkualitas," imbuh Miranti.

Sejalan dengan program tersebut, Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar juga sudah memerintahkan jajaran kepolisian resor (polres), kepolisian sektor (polsek), dan bhabinkamtibmas untuk bersinergi dengan instansi terkait guna menurunkan angka stunting di wilayah Sulbar.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com