Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2023, 15:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN tengah mempersiapkan metodologi penyusunan laporan terkait aspek Environment, Social, and Governance (ESG), agar lebih baik, dan komprehensif.

Hal ini menyusul Skor ESG Risk Rating BTN dalam Sustainalytics yang masih berada pada level medium risk 28,4. Kinerja ini menjadikan BTN menempati peringkat 598 dari 997 kelompok industri perbankan, dan 9.642 dari 15.460 secara global.

Sustainalytics mengklasifikasikan perusahaan sebagai bagian dari kerangka komprehensif berdasarkan kapitalisasi pasar dalam indeks global dan regional utama.

Baca juga: 13 Perusahaan Sabet Penghargaan ESG Award 2023 dari KEHATI

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memastikan komitmen Perseroan untuk senantiasa menerapkan praktik-praktif ESG dalam operasionalnya.

Tak hanya secara internal, juga eksternal dalam kerangka menyejahterakan kehidupan masyarakat melalui sektor perumahan sebagai core business Perseroan.

"Untuk itu, kami tengah menyiapkan metodologi yang tepat guna menyusun laporan ESG agar lebih komprehernsif. Jika sudah ada metodologinya, kami yakin Skor ESG Risk Rating kami akan melesat naik," ujar Nixon menjawab Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Direktur Risk Management and Transformation BTN Setiyo Wibowo menambahkan, sejatinya aspek sosial dalam kerangka ESG sudah terpenuhi dengan baik oleh Perseroan.

Terbukti dengan realisasi 5,2 juta unit hingga Juni 2023, sebanyak 3,9 juta unit di antaranya merupakan KPR Subsidi, dan hanya 1,3 juta unit yang merupakan KPR Non-subsidi atau komersial.

"Kedua dari aspek environment, kami juga menetapkan syarat untuk pengembang perumahan menanam satu pohon (minimal) untuk satu unit rumah. Dan ini sudah berjalan di perumahan-perumahan yang dibangun pengembang mitra BTN," ungkap Setiyo.

Baca juga: ESG Mendorong Terciptanya Iklim Investasi yang Baik

Tak hanya itu, Perseroan juga mendukung pengelolaan sampah di perumahan-perumahan yang penghuninya merupakan nasabah BTN. 

Perseroan juga mendorong perilaku hemat listrik, diet plastik, dan sejumlah inisiatif lainnya terkait pelestarian lingkungan.

Sementara dari aspek tata kelola (governance), transformasi digital yang memungkinkan pola dan budaya kerja efektif dan efisien yang mendukung terciptanya produktivitas, terus digalakkan.

"Tidak lupa, kami juga terus berupaya mendorong realisasi keterwakilan 20 persen kepemimpinan BTN, diisi oleh perempuan," cetus Setiyo.

Enam inisiatif strategis

Seluruh upaya ini dilakukan guna mendukung transformasi BTN sebagai bank modern yang adaptif terhadap dinamika perkembangan global.

Sementara, inisiatif strategis utama yang tengah dilakukan BTN demi pengembangan bisnis ke depan, mencakup enam hal.

Baca juga: Penerapan Konsep ESG dalam Membangun Bisnis Berkelanjutan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com