Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Jejak Karbon, IKEA Hadirkan SPKLU di Kota Baru Parahyangan

Kompas.com - 30/08/2023, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - IKEA, peritel perlengkapan rumah tangga asal Swedia, berkomitmen mengurangi jejak karbon dengan menyediakan tempat pemberhentian bus untuk Bus Rapid Transit (BRT) dan area tempat parkir khusus untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di toko IKEA Kota Baru Parahyangan.

Kegiatan BRT telah berlangsung sejak satu setengah tahun yang lalu dengan menjadikan toko IKEA Kota Baru Parahyangan sebagai destinasi tujuan akhir BRT koridor 2D.

BRT yang menghubungkan toko IKEA dengan kota Bandung ini dapat membantu masyarakat untuk datang dan berbelanja di toko IKEA dengan mudah tanpa perlu menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Produsen Industri Kimia Dow Targetkan Pengurangan Emisi Karbon 5 Juta Ton

Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian IKEA untuk meningkatkan aksesibilitas dengan memberikan pilihan moda transportasi publik yang lebih ramah lingkungan untuk dapat digunakan oleh pengunjung.

Presiden Direktur IKEA Indonesia Patrik Lindvall mengatakan, sebagai peritel perabot rumah tangga, keberlanjutan adalah bagian penting dalam strategi.

Sejalan dengan ambisi People & Planet Positive, hal ini tertanam dalam kegiatan operasional dan Perusahaan akan terus mendorong perubahan positif dengan mengurangi sebanyak mungkin jejak karbon dalam operasional.

"Bersama dengan para pemangku kepentingan, kami berupaya mengatasi tantangan global saat ini untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang," tutur Patrik dalam rilis, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: ICX Buka-bukaan soal Faktor Penentu Harga Karbon di Indonesia

Selain sebagai hub untuk BRT, toko IKEA Kota Baru Parahyangan juga telah menjadi pelopor untuk mengangkat praktik keberlanjutan dengan menyediakan dua unit SPKLU yang dapat ditemukan di area parkir lantai dasar.

Layanan ini adalah SPKLU komersial pertama di IKEA Indonesia yang disediakan guna mendorong pengunjung, karyawan maupun masyarakat umum beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

“Kami sangat senang dapat menemukan cara untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dalam mengurangi jejak karbon. Dengan pemahaman bahwa praktik keberlanjutan memerlukan kemitraan di seluruh rantai pasokan, inilah salah satu solusi kami dengan menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum di toko IKEA Kota Baru Parahyangan,” tutup Patrik.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com