Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Tahun Indonesia-Korsel, KT&G Gelar "Plogging" Jogging Ramah Lingkungan

Kompas.com - 27/09/2023, 14:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - KT&G, perusahaan global berkantor pusat di Korea Selatan, menggelar kegiatan "plogging" antara warga Indonesia dan Korea pada 24 September lalu di Stadion GBK, Jakarta.

Sebagai informasi "plogging" merupakan kombinasi antara kegiatan jogging (lari santai) dan memungut sampah yang berserakan. Kegiatan berawal di Swedia sekitar tahun 2016 dan menyebar ke negara lain tahun 2018, menyusul meningkatnya kepedulian terhadap polusi sampah plastik.

Kegiatan "plogging" yang diadakan KT&G ini sekaligus merayakan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan.

Acara melibatkan kolaborasi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia dan diikuti sekitar 1.000 peserta, terdiri atas pegawai KT&G TSPM (anak usaha KT&G di Indonesia), warga Korea di Indonesia, serta warga Indonesia.

Peserta melakukan "plogging" selama dua jam dan berhasil mengumpulkan sekitar 432 kilogram sampah.

“Sebagai perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia, KT&G telah bekerja keras mempererat hubungan dengan Indonesia," ungkap Young Ah Shim, Head, KT&G Social Contribution Office melalui rilis resmi (27/9/2023).

"Bertepatan dengan perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan, kami merencanakan kegiatan dan program lain yang turut meningkatkan hubungan kedua negara,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Yun Sig Jeong (Presiden Direktur KT&G TSPM), Sang Deok Lee (Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia), Jang Keun Lee (Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN), serta Jae Hwan Park (Presiden Korean Association in Indonesia).

Pertukaran budaya Indonesia - Korsel 

KT&G juga menggelar program yang menjalin interaksi dan apresiasi budaya antara peserta Indonesia dan Korea.

Baca juga: Plogging, Tren Olahraga dari Swedia untuk Selamatkan Bumi

 

Di stan pameran budaya Korea menghadirkan sejumlah kegiatan seperti membuat kerajinan tradisional Korea, food truck yang menyajikan kuliner Korea, pertunjukan K-pop dance dan musik tradisional Korea.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com