Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 19:37 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan energi asal Arab Saudi, ACWA Power, menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini ditandai lewat penyerahan Letter of Intent (LoI) dari CEO ACWA Power Marco Arcelli kepada Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono dalam Forum Saudi-Indonesian Roundtable yang diselenggarakan di Riyadh pada Kamis (19/10/2023)

Adapun investasi yang diminati adalah di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), sesuai dengan tujuan pembangunan IKN sebagai kota berkelanjutan.

Penyerahan LoI ini dilanjutkan dengan 1 on 1 meeting yang diadakan di Kantor Pusat ACWA Power di Riyadh.

Dalam kesempatan tersebut, Agung Wicaksono dan Executive Director-Head of International Relations ACWA Power Mohannad Alsulaiman menandatangani berita acara 1 on 1 meeting sebagai kelanjutan proses untuk berinvestasi di IKN.

Jelas Agung, proses selanjutnya adalah menyiapkan studi kelayakan untuk mengembangkan EBT di IKN.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Berkomitmen Selesaikan Pembangunan IKN

"Bersama-sama seluruh pihak, kita akan membangun Nusantara menjadi kota masa depan yang hijau, bersih, dan memiliki persediaan energi yang dapat diandalkan," tuturnya, dikutip dari keterangan resmi.

Sementara Executive Director Mohannad menyatakan bahwa prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) merupakan hal yang sangat penting bagi ACWA Power.

"Saat ini, kami sudah menghasilkan lebih dari 50 gigawatt energi di seluruh dunia," jelas Mohannad.

Sebagai informasi, ACWA Power telah memiliki kapasitas 50 gigawatt listrik di seluruh dunia, dengan total nilai investasi yang digelontorkan ACWA di berbagai negara mencapai 75 miliar dolar Amerika Serikat.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com