Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2023, 08:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.comPerempuan penyintas kekerasan memerlukan pemulihan dan pendampingan khusus untuk bisa kembali memberdayakan diri mereka sendiri.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memberdayakan mereka adalah memberikan pelatihan keterampilan teknis.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan, sampai saat ini perempuan masih termasuk dalam kelompok rentan.

Baca juga: Lebih Banyak Perempuan di Parlemen Jadikan Demokrasi Lebih Inklusif

Ada banyak perempuan yang menjadi korban kekerasan berbasis gender. Hal tersebut turut menghambat mereka untuk mendapatkan peluang mandiri secara ekonomi.

“Kami meyakini bahwa setiap perempuan di Indonesia harus mandiri dulu secara ekonomi,” kata Bintang dalam kegiatan “Bimbingan Teknis Kewirausahaan yang Berperspektif Gender Bagi Perempuan Penyintas” di Kabupaten Tabanan, Bali, sebagaimana dilansir dari siaran pers, Jumat (4/11/2023).

Bintang menuturkan, jika perempuan berdaya, mereka memiliki otonomi dalam mengelola pengeluaran pribadi hingga memberikan pendidikan yang lebih baik kepada anak-anak.

“Tidak hanya itu, peluang ekonomi pada usaha mikro yang banyak ditekuni perempuan juga berkontribusi pada penyelesaian berbagai isu perempuan dan anak seperti isu stunting, perkawinan anak, hingga stereotipe di dunia kerja,” ucap Bintang.

Baca juga: Denmark, Negara Terbaik Dunia buat Perempuan

Untuk memberdayakan perempuan, Bintang menyampaikan bahwa butuh kolaborasi dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan lembaga masyarakat.

“Penting bagi kita bersama untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan, termasuk akses terhadap pendidikan, pelatihan, dukungan finansial, dan kebijakan yang mendukung kesetaraan gender,” tutur Bintang.

“Dengan memaksimalkan potensi perempuan tersebut, saya yakin, bangsa ini dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyatakan, bimbingan teknis tersebut adalah salah satu upaya pemerintah daerah untuk pemulihan kepercayaan diri bagi perempuan penyintas kekerasan.

Baca juga: Tekan Inflasi di Pangkalpinang, Perempuan Dilibatkan Tanam Sayuran

Sanjaya menekankan, momen ini menjadi tonggak penting untuk mendorong perubahan positif.

Sehingga, ucap Sanjaya, penting bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian masalah sosial tersebut untuk memiliki pandangan yang sejalan.

“Setiap kepala desa di Kabupaten Tabanan harus berperan aktif menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, terutama bagi warga yang menjadi Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS),” tutur Sanjaya.

“Hal ini mencakup pemenuhan hak mereka atas perlindungan dari segala bentuk diskriminasi, serta ketersediaan sarana, prasarana, dan akses yang memadai,” tambahnya.

Saya berharap agar kegiatan bimbingan teknis ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, dan pemerintah daerah akan selalu mendukung inisiatif ini," tutur Sanjaya.

Baca juga: Patriarki Sebabkan Keterwakilan Perempuan dalam Politik Tak Maksimal

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com