Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, pada tahun 2022, terdapat sekitar 242 perusahaan yang telah melaporkan bauran energi mereka di Indonesia.

Dari 242 perusahaan ini, total penggunaan energi adalah 852,126 GWh, dengan penghematan energi mencapai 20,461 GWh atau setara dengan pengurangan emisi sebesar 11,7 juta ton CO2 ekuivalen.

Selama ini, sebanyak 52,8 persen dari penggunaan energi tersebut berasal dari batu bara, khususnya dalam industri kertas, semen, dan baja, karena panas yang dihasilkan sangat stabil sehingga membantu proses pembakaran bahan-bahan.

Bahan bakar ini, menurut Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Gigih Adi Utomo, memang termasuk yang paling murah dan penggantinya hingga saat ini adalah energi biomassa.

Baca juga: Pensiun Dini PLTU Batu Bara Makin Dorong Pengembangan Energi Terbarukan

Kemudian untuk sektor alat-alat elektronik, penggunaan energi listrik diatur dalam Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM), yang dimaksud untuk membatasi jumlah konsumsi energi maksimum pada produk-produk seperti AC, rice cooker, kipas angin, kulkas, lampu LED, dan TV.

"Hal ini dapat mengurangi penggunaan listrik sebesar 787 MW dan menghemat energi sebanyak 3.8 TWh pada tahun 2030," ujar Gigi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Sedangkan untuk transportasi, penggunaan energi terbesar dalam subsektor transportasi darat. Misalnya, truk dengan teknologi mesin pembakaran dalam Internal Combustion Engine (ICE) masih mendominasi pengguna bahan bakar minyak, yang menjadi sumber utama polusi udara.

Rekomendasi untuk Mempercepat Transisi Energi

Transisi energi dapat dilakukan dengan beberapa langkah strategis, seperti mengadopsi energi alternatif macam biomassa untuk menggantikan batu bara dalam kegiatan produksi, dan mengubah jenis kendaraan operasional bisnis menjadi kendaraan berbahan bakar listrik.

Kemudian mengganti atau menggunakan peralatan listrik sesuai dengan Standar Kinerja Energi Minimum pada gedung-gedung operasional perusahaan.

Baca juga: Kementerian ESDM Masih Optimalkan Gas Bumi untuk Transisi Energi

Selain upaya tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempercepat transisi energi adalah dengan mengimplementasikan penjualan karbon.

"Melalui sistem perdagangan karbon, pemerintah dapat mengawasi jumlah karbon yang dihasilkan dan pengendalian emisi gas yang dilepaskan ke atmosfer bumi dapat dilakukan lebih efektif,” imbuh Gigih.

Pendiri Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal menambahkan, langkah-langkah transisi energi yang sejalan dengan adopsi prinsip ESG harus dilakukan oleh seluruh perusahaan dan bisnis di Indonesia, yang tidak hanya mampu mengurangi emisi namun bisa menghemat penggunaan energi dan biaya energi ke depannya.

"Di sisi lain, keterlibatan anak muda sebagai agen penggerak juga menjadi poin penting," ujar Dino.

Sementara itu, Chairman Society of Renewable Energy Rauf Usman menjelaskan, diperlukan kebijakan yang dapat menyasar anak muda, untuk mendukung berbagai inisiasi transisi energi yang bisa dilakukan oleh generasi muda ke depannya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com