Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Hijau-PLN Icon Plus Bangun PLTS Atap Berkapasitas 3.5 MWp

Kompas.com - 29/11/2023, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Investasi Hijau Selaras (Hijau) dan PLN Icon Plus menawarkan solusi penggunaan energi ramah lingkungan smart and green bagi pelaku industri di Indonesia, melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap atau Rooftop Solar PV.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) pembangunan Rooftop Solar PV berkapasitas 3,5 Megawatt Peak (MWp) untuk pemenuhan kebutuhan energi listrik pada empat lokasi PT CJ Feed and Care Indonesia yaitu Serang, Semarang, Jombang, dan Lampung, Selasa (28/11/2023).

Direktur PT CJ Feed and Care Indonesia Han Se Yoon mengatakan, dengan pembangunan PLTS Atap ini, Perusahaan dapat berpartisipasi dalam pengelolaan Environmental, Social, and Governance (ESG) secara baik, meski sedang berada di bawah kesulitan kondisi ekonomi global.

"Selain itu, pembangunan dan pemasangan sistem PLTS Atap ini juga sebagai upaya PT CJ Feed and Care Indonesia dalam mendukung Paris Agreement untuk mereduksi emisi karbon dan memberikan dampak positif terhadap perubahan iklim dunia," ujar Han Se Yoon.

Baca juga: Fase Pertama PLTS IKN Beroperasi Februari Tahun Depan

Oleh karena itu, Perusahaan memastikan akan terus berkontribusi positif dengan mengikuti aturan pemerintah untuk menaikkan penggunaan energi ramah lingkungan.

“Kami berkomitmen terus memperluas pemakaian energi terbarukan melalui pengelolaan ESG secara berkelanjutan,” cetus Han Se Yoon.

Direktur Utama Hijau Victor Samuel menuturkan, saat ini kesadaran dunia usaha pada tingkat global tak terkecuali Indonesia dalam pemanfaatan energi bersih serta ramah lingkungan bagi operasional bisnisnya semakin tinggi.

Ini artinya, kebutuhan masyarakat terhadap Rooftop Solar PV (PLTS Atap) terus bertambah.

“Untuk menjawab kebutuhan tersebut kami berkolaborasi dengan PLN Icon Plus menyediakan solusi pembangunan PLTS Atap, seperti di kawasan PT CJ Feed and Care Indonesia yang berkapasitas 3,5 MWp,” ujarnya.

Perusahaan global, lanjut Victor, seperti PT CJ Feed and Care Indonesia memang ditargetkan oleh induk perusahaannya untuk dapat menggunakan energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Bahkan, Korea, negara asal CJ Corporation mendorong seluruh perusahaan untuk berkontribusi terhadap perubahan iklim dunia menjadi lebih baik, melaui pemanfaatan energi hijau dan bersih.

Baca juga: EMI dan Sojitz Kerjasama Tingkatkan Penetrasi PLTS Atap di Indonesia

“Selain berkontribusi besar terhadap perbaikan iklim global, secara bisnis kami melihat bahwa Perusahaan sangat concern terhadap peluang terwujudnya transformasi energi di Indonesia menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, bersih dan berkelanjutan,” sambungnya.

Victor menjelaskan, kolaborasi yang lakukan dengan PLN Icon Plus dan para pihak terkait sekaligus menjawab anggapan sebagian masyarakat terkait masih tingginya biaya investasi pembangunan PLTS Atap.

Dalam pelaksanaan pembangunan PLTS Atap, Hijau dan PLN Icon Plus menyediakan skema bisnis yang melibatkan lembaga pembiayaan.

Melalui skema bisnis yang ditawarkan, diklaim Victor, pembangunan PLTS Atap menjadi sangat menarik dan kompetitif.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com