Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar UI Sebut Sistem Penggerak Kendaraan Listrik Kunci Transportasi Bersih

Kompas.com - 01/12/2023, 19:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Sistem penggerak kendaraan listrik merupakan komponen kunci dalam transisi menuju transportasi yang lebih bersih.

Hal tersebut disampaikan Guru Besar Electric Drives and Motor Control Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) Profesor Feri Yusivar di Kampus UI Depok, Jumat (1/12/2023).

"Sistem ini melibatkan motor traksi listrik dan elektronik daya yang berperan vital dalam sistem propulsi kendaraan canggih," kata Feri, sebagaimana dilansir Antara.

Baca juga: UMKM Perlu Ambil Peluang di Pasar Kendaraan Listrik

Dia menyampaikan, sistem penggerak dalam kendaraan listrik dapat meningkatkan efisiensi dan kepadatan daya kendaraan. Teknologi ini juga memastikan solusi kendaraan yang ekonomis dan layak pasar.

Pada hakikatnya, mengendalikan motor atau mesin listrik adalah mengendalikan torsi dan fluksi motor dengan cara mengendalikan arus listrik motor.

Awalnya, mengendalikan torsi dan fluksi motor dengan mengontrol arus listrik yang bolak-balik tiga fasa sangat sulit.

Baca juga: Kebutuhan Listrik di Pulau Buluh Segera Terlayani 24 Jam Penuh

Namun, dengan ditemukannya konsep transformasi komponen arus 3 fasa menjadi 2 fasa dalam sumbu acuan yang berputar, pengendalian torsi dan fluksi motor melalui arus motor yang ditransformasikan menjadi arus 2 fasa menjadi mungkin.

"Metode ini melibatkan pemetaan arus motor 3 fasa ke dalam sumbu acuan, dalam hal ini sumbu d dan sumbu q," jelasnya.

Dengan mengendalikan arus sumbu d, maka secara tidak langsung mengendalikan fluksi motor. Sementara pengendalian arus sumbu q secara tidak langsung memungkinkan pengendalian torsi motor.

Baca juga: 5 Perusahaan Energi Skala Dunia Digaet Kembangkan Listrik Hijau di Indonesia

Metode pengendalian fluksi motor dan torsi motor secara terpisah ini disebut pengendali vector atau vector control.

Feri menekankan, kemandirian dalam teknologi sistem traksi kendaraan listrik dinilai memiliki manfaat penting bagi masa depan industri otomotif.

Hal ini terutama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan polusi udara. Kendaraan listrik menawarkan peningkatan dalam hal keselamatan, kontrol, dan efisiensi energi dibandingkan dengan kendaraan bertenaga bahan bakar fosil.

Baca juga: Pulau Penyengat Terima Bantuan 11 Kendaraan Listrik

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com