Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sadar dalam Bahaya, Selebriti Dunia Borong Kredit Hapus Jejak Karbon

Kompas.com - 04/02/2024, 11:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Euronews

KOMPAS.com - Hollywood sedang dalam masalah. Meskipun banyak kalangan tajir dan selebriti super beken dunia telah menyuarakan pendapat dalam perjuangan melawan perubahan iklim, masih ada saja yang menjadi contoh gaya hidup boros dan buang emisi semaunya.

Selama beberapa dekade, orang-orang berpengaruh ini menduduki peringkat teratas dalam daftar penggunaan jet pribadi, berhadapan langsung dengan oligarki dan taipan minyak.

Sejak awal mula dunia penerbangan, para bintang dan konglomerat telah memilih moda transportasi paling eksklusif, jet pribadi, untuk menghindari gesekan dengan rakyat jelata.

Baca juga: CCS Lintas Negara Bikin Indonesia Tempat Pemutihan Karbon dari Negara Lain

Tidak mengherankan jika jumlah emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh segelintir orang terkaya ini sangatlah tidak proporsional.

Studi yang dilakukan oleh Institute for Policy Studies (IPS) menunjukkan bahwa di Amerika Serikat, sekitar 50 persen emisi terkait penerbangan dihasilkan oleh persentil pertama orang-orang terkaya ini.

Meskipun satu persen tersebut sebagian besar dihasilkan oleh orang-orang dengan popularitas mentereng, dan sebagian mencakup banyak bintang yang paling dicintai, namun memicu reaksi yang lebih mendalam.

GLENDALE, ARIZONA - MARCH 17: Editorial use only and no commercial use at any time. No use on publication covers is permitted after August 9, 2023. Taylor Swift performs onstage for the opening night of Taylor Swift | The Eras Tour at State Farm Stadium on March 17, 2023 in Glendale, Arizona. The city of Glendale, Arizona was ceremonially renamed to Swift City for March 17-18 in honor of The Eras Tour.   John Medina/Getty Images/AFP (Photo by John Medina / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)JOHN MEDINA GLENDALE, ARIZONA - MARCH 17: Editorial use only and no commercial use at any time. No use on publication covers is permitted after August 9, 2023. Taylor Swift performs onstage for the opening night of Taylor Swift | The Eras Tour at State Farm Stadium on March 17, 2023 in Glendale, Arizona. The city of Glendale, Arizona was ceremonially renamed to Swift City for March 17-18 in honor of The Eras Tour. John Medina/Getty Images/AFP (Photo by John Medina / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Penyanyi sekaligus penulis lagu Taylor Swift, yang telah menikmati kesuksesan tiada banding  setelah memulai Eras Tour dan memecahkan rekornya sendiri, menduduki puncak daftar pada tahun 2022.

Menurut perusahaan pemasaran keberlanjutan Yard, Swift diduga mengeluarkan 8.300 metrik ton pada tahun itu saja atau 1.184 kali lipat rata-rata jejak kaki manusia.

Meskipun emisinya dilaporkan menurun pada tahun 2023, beberapa sumber masih mencantumkan Swift sebagai salah satu pengguna jet pribadi paling produktif tahun ini.

Namun, Swift bukanlah satu-satunya pesohor yang berkontribusi besar dalam memproduksi karbon.

Baca juga: Perpres CCS Diteken, Atur Transportasi Karbon Lintas Negara

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh surat kabar Inggris The Guardian, 200 selebriti dan konglomerat menghasilkan sekitar 415.518 ton CO2 dari 44.739 perjalanan jet pribadi pada tahun 2023 saja.

Angka ini setara dengan sekitar 40.000 emisi warga Inggris dalam satu tahun rata-rata. Mereka adalah pendiri Tesla Elon Musk, hingga veteran rock Inggris The Rolling Stones.

“Suhu bumi semakin panas. Permukaan air laut meningkat, lapisan es menyusut,” kata mega bintang reality show Kim Kardashian dalam kampanyenya baru-baru ini untuk lini pakaian dalam barunya.

Namun jika kebiasaan transportasi mereka menjadi acuan, dia dan saudara tirinya dengan kekayaan segunung, Kylie Jenner, juga ikut berperan, karena mereka berdua termasuk di antara pengguna jet pribadi terbesar.

Pada saat jejak karbon dalam jumlah besar sering dianggap sebagai noda bagi reputasi tokoh masyarakat, para bintang Hollywood telah melakukan tindakan besar untuk membersihkan jejak mereka, dan memberi tahu masyarakat luas.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com