Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polusi Bikin 100 Penerbangan Dialihkan, Vietnam Setop PLTU Batu Bara

Kompas.com - 04/02/2024, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya Jakarta yang berkubang masalah polusi udara, Hanoi juga mengalami hal serupa.

Akibatnya, lebih dari 100 penerbangan dialihkan atau ditunda karena kabut asap menyelimuti ibu kota Vietnam itu, Jumat (2/2/2024).

Pesawat tidak dapat lepas landas dan mendarat di Bandara Noi Bai, sehingga kedatangannya dihentikan sementara pada pukul 04.30 pagi.

Pihak berwenang mengatakan tidak aman bagi pesawat untuk mendarat karena jarak pandang yang rendah.

Beberapa dialihkan ke bandara lain seperti Cat Bi di Hai Phong, 125 kilometer sebelah timur Hanoi.

Baca juga: Studi: Larangan Plastik Sekali Pakai Kurangi Sampah dan Polusi

Tiga bandara lainnya, Tho Xuan di Thanh Hoa, Vinh di Nghe An dan Phu Bai di Hue, juga menghadapi gangguan akibat kabut asap.

Menurut situs pemantauan kualitas udara IQAir, partikulat halus (PM 2.5) di Hanoi 11 kali lebih tinggi dari tingkat aman yang ditetapkan WHO pada Jumat pagi tersebut.

Dalam kondisi tidak sehat ini, masyarakat diimbau untuk memakai masker di luar ruangan, menghindari olahraga di luar ruangan, menutup jendela, dan menyalakan alat pembersih udara saat berada di dalam ruangan.

Polusi udara merupakan masalah yang sering terjadi di Vietnam, dan WHO memperkirakan bahwa hal ini terkait dengan lebih dari 60.000 kematian dini per tahun di negara tersebut pada tahun 2016.

Masalah ini berasal dari sejumlah sumber termasuk konstruksi, lalu lintas padat, produksi baja dan semen, dan pembangkit listrik tenaga batu bara.

Di Hanoi, hampir 35 persen PM 2.5 berasal dari industri, termasuk pembangkit listrik besar dan pabrik industri di sekitar kota, menurut laporan Bank Dunia tahun 2020.

Baca juga: Waspada, Polusi Udara Berisiko Tinggi Sebabkan Stunting

Sekitar 25 persen berasal dari transportasi – terdapat hampir 8 juta kendaraan yang terdaftar di Hanoi.

Emisi amonia dari peternakan dan penggunaan pupuk menyumbang 20 persen dari PM 2.5, 10 persen berasal dari sumber-sumber perumahan seperti memasak dengan arang, dan sekitar 7 persennya berasal dari pembakaran limbah pertanian.

Setelah panen, kabut asap tebal terbentuk di bagian utara negara itu ketika para petani membakar sisa tanaman untuk mempersiapkan ladang mereka menghadapi musim tanam berikutnya.

Meskipun praktik ini telah dilarang, namun masih tersebar luas karena peraturan yang diterapkan dengan buruk dan sedikit insentif untuk menghentikan upaya penghematan waktu dan biaya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com