Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Aris Marfai
Kepala Badan Informasi Geospasial

Professor Geografi

kolom

Membaca Data Spasial Banjir Grobogan

Kompas.com - 08/02/2024, 15:54 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com 6 Februari 2024, memberitakan tentang banjir besar yang melanda Kabupaten Grobogan. Banjir tersebut disebabkan meluapnya sungai-sungai yang melewati Grobogan dalam waktu relatif bersamaan.

Sungai-sungai tersebut, yaitu Sungai Lusi, Sungai Serang, dan Sungai Tuntang, di mana bagian hilir dari ketiga sungai tersebut mengalir melewati sebagian besar wilayah Grobogan.

Berdasarkan analisis jaring-jaring sungai dari Peta Rupabumi skala 1:25.000 yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), sungai-sungai yang melalui Grobogan merupakan bagian dari sistem daerah alian sungai (DAS) Tuntang yang membentang sangat luas, lebih kurang 798 kilometer persegi, dengan panjang sungai utama, yaitu Sungai Tuntang 139 kilometer.

DAS ini sebagian besar hulunya berada di Kabupaten Semarang (30 persen) dan sebagian kecil hulu di Kabupaten Boyolali (2 persen) dan Salatiga (3 persen).

Perubahan tutupan lahan dari vegetasi yang rapat seperti kawasan hutan menjadi lahan terolah, perkebunan, pertanian dan permukiman di sebagian hulu mempunyai kontribusi terhadap meningkatnya limpasan permukaan, run off dan debit aliran sungai.

Sebagian kabupaten Demak dan Grobogan menempati bagian tengah dan hilir dari sistem DAS Tuntang, di mana Kabupaten Demak meliputi 40 persen luasan dan kabupaten Grobogan menempati 25 persen luas DAS.

Sistem DAS Tuntang dibagi menjadi beberapa sub das, di mana Kabupaten Grobogan sebagian besar menempati sub das Tuntang Bagian hilir.

Daerah hilir ini, termasuk wilayah Kabupaten Grobogan, dicirikan dengan pola aliran meander atau aliran sungai yang berkelok-kelok membentuk kurva. Aliran sungai meander terbentuk pada daerah dengan topografi relatif datar yang luas.

Dari data geospasial citra satelit dapat dilihat bahwa kiri-kanan kelokan sungai meander mempunyai bentuk lahan (landform) berupa reparian sungai, rawa belakang, daerah dataran banjir dan dataran aluvial yang mempunyai lebar bervariasi dari 5 meter hingga lebih dari 30 meter ke kiri dan kanan sungai.

Bentuk lahan tersebut sebagian digunakan untuk tanaman pertanian, namun pada beberapa bagian sudah digunakan untuk permukiman dan fasilitas umum, yang semakin mendekati badan sungai.

Tingginya intensitas hujan yang turun di sebagian besar DAS Tuntang dibarengi dengan perubahan tutupan lahan di bagian hulu akan memberikan kontribusi pada volume air yang meningkat pada aliran sungai di bagian tengah dan hilir.

Aliran sungai meander menggunakan ruang di kiri kanannya untuk meluapkan air, yang mengakibatkan genangan pada lahan pertanian dan perumahan penduduk.

Pada beberapa kelokan meander dengan tali arus yang kuat terdapat energi aliran yang besar dan secara terus menerus akan menggerus tebing sungai, menyebabkan stabilitas tebing melemah dan mengakibatkan tanggul jebol pada beberapa bagian.

Kelokan meander dengan tali arus yang kuat juga menghantam bangunan yang berada di dekat sungai.

Sebagian Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan yang dilanda banjir parah merupakan meander Sungai Lusi yang sangat ekstrem, sebagian besar kiri-kanan meander merupakan dataran rendah yang saat ini digunakan untuk lahan pertanian dan sebagian sudah berubah menjadi lahan terbangun.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com