Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodim Magetan-Dispertan Kolaborasi Dorong Produksi Tanaman Pangan

Kompas.com - 16/04/2024, 10:24 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kodim 0804/Magetan dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan berkolaborasi meningkatkan produksi tanaman pangan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan ditandatanganinya MoU antara Kodim Magetan dengan Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan tentang peningkatan produksi tanaman pangan di kabupaten tersebut.

"Peningkatan produksi tanaman pangan di Magetan, utamanya padi," ujar Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Hasan Dasuki, dilansir Antara, Selasa (16/4/2024). 

Menurutnya, upaya tersebut merupakan tindak lanjut dari program nasional, dengan sebelumnya telah ditandatangani MoU antara Kementerian Pertanian RI dan TNI Nomor 04/MOU/HK.230/M/12/2023, Nomor NK/30/XII/2023/TNI tentang Pelaksanaan Pembangunan Pertanian.

Baca juga: Tahan Banting, Sagu Bisa Dikembangkan Jadi Alternatif Pangan

Hasan Dasuki menjelaskan, melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut, Kodim 0804/Magetan dan Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan sepakat untuk melakukan berbagai langkah nyata untuk mencapai tujuan bersama dalam sektor pertanian.

"Khususnya dalam hal perluasan lahan tanam padi dan peningkatan sistem irigasi pompa dan pipanisasi di Kabupaten Magetan," tutur dia.

Adapun perluasan tanam tersebut mencakup luas potensi sawah sekitar 830 hektare yang tersebar di enam kecamatan, terdiri atas tiga kelurahan dan 16 desa, dengan kebutuhan 34 unit pompa dan juga sejumlah pipa.

Dorong ketahanan pangan

Dandim menilai, kolaborasi tersebut dilakukan untuk mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan dan swasembada pangan nasional.

"Oleh karena itu, perlu sinergi antara pemerintah, TNI, dan seluruh komponen masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan ini," ujarnya.

Baca juga:

Sementara itu, Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan Uswatul Chasanah mengapresiasi upaya peningkatan ketahanan dan swasembada pangan yang dilakukan dengan Kodim Magetan.

"Meningkatkan swasembada pangan merupakan langkah maju dalam upaya bersama-sama mendayagunakan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan produksi tanaman pangan setempat," kata Uswatul Chasanah.

Menurutnya, kolaborasi tersebut juga dalam rangka mewujudkan Kabupaten Magetan sebagai lumbung pangan guna mendukung tercapainya swasembada pangan nasional.

"Oleh karena itu, melalui kesepakatan tersebut diharapkan berbagai permasalahan pertanian di Magetan akan lebih mudah dan cepat diatasi," pungkas dia.

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com