Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SCG Buka Beasiswa Anak Tukang Bangunan dan Difabel, Cek Syaratnya

Kompas.com - 04/05/2024, 17:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siam Cement Group (SCG) kembali membuka pendaftaran program Beasiswa SCG Sharing the Dream tahun 2024, sekaligus merayakan Hari Pendidikan Nasional.

Beasiswa ini diberikan kepada 400 pelajar SMA/sederajat, 10 mahasiswa S1, dan 20 pelajar SMA/sederajat, dan 2 mahasiswa S1 dari pekerja bangunan, serta terbuka untuk penyandang disabilitas.

Sejak 2012, beasiswa ini telah disalurkan kepada lebih dari 4.050 pelajar Indonesia sebagai perwujudan komitmen perusahaan dalam misi pembangunan Indonesia melalui pemerataan akses pendidikan, serta implementasi dari prinsip ESG 4 Plus yang menjadi kerangka kerja Perusahaan.

Baca juga: Beasiswa Kuliah Anak Transmigran Berprestasi Buka hingga 26 April

Tahun ini, SCG Sharing the Dream mengusung tema green generation, yaitu generasi dengan kesadaran lingkungan, aktif terlibat dalam praktik berkelanjutan, dan berkomitmen untuk menjaga bumi bagi generasi mendatang.

Pendaftar, harus membuat esai proyek komunitas mengenai kontribusi untuk lingkungan dan masyarakat, menuangkan pemikiran dan gagasan untuk merespons isu-isu lingkungan dan sosial, seperti perubahan iklim, pengelolaan limbah, dan pengelolaan sumber daya alam.

Pendaftaran beasiswa dibuka hingga 2 Juni 2024, dengan persyaratan sebagai berikut:

Untuk Siswa SMA/sederajat

1. Siswa kelas X, XI, dan XII SMA atau sederajat tahun ajaran 2024/2025, berdomisili di Bogor, Sukabumi, Jakarta, Tangerang Selatan, Karawang, Bekasi, dan Gresik (khusus anak dari pekerja bangunan, pendaftar harus berdomisili di Sukabumi dan Cianjur)

2. Memiliki rata-rata nilai rapor minimum 75 dari 2 semester terakhir

Baca juga: Ada Beasiswa Rp 21,9 Miliar untuk Mahasiswa dari BI Kaltim

3. Melengkapi formulir pendaftaran dan mengirimkan dokumen dan esai yang diperlukan. Para penerima beasiswa dengan esai terbaik akan mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan proyek mereka

4. Bersedia untuk mengikuti semua kegiatan bagi para penerima beasiswa Sharing the Dream

5. Tidak pernah terlibat tindak kriminal (penyalahgunaan narkotika dan miras, pemalsuan, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya, tawuran, serta tindak kekerasan)

6. Pelajar SMA akan menerima satu (1) kali pendanaan sebesar Rp2.000.000

Untuk Mahasiswa S1

1. Pernah menjadi penerima beasiswa Sharing the Dream saat SMA (syarat ini tidak berlaku untuk anak dari pekerja bangunan, wajib berasal dari Sukabumi dan Cianjur)

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com